Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite and review) di kelas VA SDN Tanjungrejo 2 Malang / Marta Brilliana

Main Author: Marta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/106237/
Daftar Isi:
  • KatakuncimembacapemahamanstrategiPQ4R.BerdasarkanobservasiawalyangpenulislakukandiSDNTanjungrejo2Malangdiketahuistrategipembelajaranyangdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswamasihterpusatpadaguru.Haliniditunjukkannilairata-ratasiswadalammembacapemahamanbarumencapai5463masihdibawahnilaikreteriaketuntasanminimal(KKM)68.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanapakahpenerapanstrategiPQ4R(previewquestionreadrefectrecuteandreview)untukmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswamendeskripsikanbagaimanapenerapanstrategiPQ4RyangdapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswakelasVASDNTanjungrejo2Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklusmasing-masingsiklusterdiridariempatlangkahyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.TindakanyangdiberikanpadasiklusIdansiklusIIberupapenerapanskenariopembelajarandenganmenggunakanstrategiPQ4Ryangterdiridarienamlangkahyaitupreview(membacaselintasdengancepat)question(bertanya)read(membaca)reflect(refleksi)recite(tanyajawabsendiri)danreview(mengulangsecarakeseluruhan).SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVASDNTanjungrejo2Malangdenganjumlah45siswa.Instrumenpadapenelitianiniberuparencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)soal-soaltesdanpedomanobservasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategiPQ4RyangditerapkandikelasVASDNTanjungrejo2Malangdapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswa.Peningkatanaspekpemahamanliteral3488%padasiklusImenjadi100%padasiklusII.Peningkatanaspekpemahamanreorganisasi6744%padasiklusImenajdi7674%padasiklusII.Peningkatanaspekpemahamaninferensial930%padasiklusImenjadi6097%padasiklusII.Nilairata-ratasiswa5679padasiklusImenjadi7812padasiklusII.BerdasarkanhaltersebutdapatdisimpulkanstrategiPQ4RdapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswakelasVASDNTanjungrejo2Malang.SaranyangdiajukanadalahbagigurusebagaisalahsatualternatifcaradalamprosespembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswadapatmenggunakanstrategiPQ4R.Bagisiswaagarlebihbanyakmembacasuatutekstulisdanmelatihmengemukakanpendapatsertaberkomunikasisaatberdiskusi.BagipenelitilaindisarankanmempersiapkanterlebihdahulusegalasesuatunyasebelumpelaksanaandikelasdandapatmengelolakelasagartahapanPQ4Rterlaksanadenganbaik.