Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran probing promting di SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / zainulloh

Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/105942/
Daftar Isi:
  • KataKunciPeningkatanHasilBelajarIPAProbingPromtingBerdasarkanhasilpengamatandiSDNPalangsariIIPermasalahanyangtimbuldiantaranya1)Faktorpembelajaranberpusatpadagurukurangadanyapartisipasisiswayangberarti2)Rendahnyaaktivitassiswadalamprosesbelajarmengajarsiswacenderungpasifhanyabersifatmenerimapenjelasandarigurudanmencatat3)KurangmenariknyasituasipembelajaransehinggaterlihatkakuaktivitassiswamerasategangapabilamenerimamateripembelajaranIPA4)Rendahnyaprestasibelajarsiswajikadilihatdarirata-ratanilaiketuntasanyangdiperoleholehmasing-masingsiswa.Penelitianinibertujuanadalah1)MendeskripsikanpenerapanModelPembelajaranProbingPromtingpadamataPelajaranIPAkelasIVSDNPalangsariIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruan2)MendeskripsikanaktifitassiswakelasIVSDNPalangsariIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruanselamapenerapanmodelpembelajaranProbingPromtingpadapembelajaranIPA3)MendeskripsikanhasilbelajarsiswakelasIVSDNPalangsariIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruandalampenerapanmodelpembelajaranProbingPromtingpadapembelajaranIPADalampenelitianinipenerapanmodelpembelajaranprobingpromtingpadasiswakelasIVSDNPalangsariIIemnggunakanlangkah-langkahsebagaiberikut1)Gurumemberikanpertanyaan-pertanyaanyangbersifatmenuntunpengetahuansiswaterhadapmateriyangdipelajari2)gurumengembangkanpembelajaranmemberipertanyaan-pertanyaansecaraacak3)gurumemberipujianterhadapjawabansiswayangmasuk4)Mengevaluasihasilbelajarsiswa.DatapenelitianberupahasilbelajardikumpulkandenganmenggunakanhasilobservasiterhadappenerapanmodelpembelajaranprobingpromtingobservasiterhadapaktivitassiswaselamapembelajaradanmengevaluasihasilbelajarsiswaPenerapanmodelPembelajaranprobingpromtingberdampakpositifdapatmeningkatkanaktivitassiswadalambelajardapatmeningkatkanhasilbelajar.Halinidapatdilihatdarihasilsebelumdilaksanakanmodelpembelajaranprobingpromting.Diketahuinilairata-rata591denganketuntasanklasikal3636%meningkatmenjadirata-rata645denganketuntasanklasikal4545%.PadasiklusIImengalamaipeningkatanlagimenjadi6955denganketuntasanklasikal8182%.Kendalayangdihadapidalampenerapanmodelpembelajaranprobingpromtingadalahsiswamasihbelumterbiasadenganmodelpembelajaranyangditerapkansehinggasiswamerasakakudanbelumsiapdalammemecahkanmasalahyangdihadapiyaknimenjawabpertanyaan-pertanyaanyanglangsungditujukankepadanya..HasilbelajarsiswakelasIVSDNPalangsariIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruanmasihperluditingkatkanlagimelaluiupaya-upyaterencanadanberkesinambungan.Hasilpenelitianiniakandijadikalandasanbagipenelitilainuntukpenelitiasejenisyangakandatang.Berdasarkanhasilpenelitiankelasinimakasaranyangkamiajukanadalah1)KepadagurudisarankanbagiguruuntukmenerapkanmodelpembelajaranprobingpromtingpadamatapelajaranIPAagarlebihmemahamibegitujugadapatditerapkanpadapelajaranlainyangsesuaidenganmateri2)Bagilembagapendidikandisarankanmenerapkanmodelpembelajaranprobingpromtinguntukmeningkatkanhasilbelajarefektifitasdanefisiensipembelajaranjugauntukmeningkatkankualitasataumutuprestasisiswadengankinerjaguru3)Bagipenelitilaindisarankandapatmengembangkanmodelpembelajaranprobingpromtingpadamatapelajaranlainsehinggadapatkualitaspendidikanyanglebihbaik.sehinggamenjadipembelajaranyanglebihmenarikdanlebihbaik4)Bagikepalasekolahdiharapkanmengadakanpembinaanterhadapguru-guruSDNPalangsariIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruantentangpenerapanmodelpembelajaranprobingpromting5)Bagipenelitilanjutandisarankansupayamengkombinasikandenganmediayangadadisekitarsekolahyangrelevandanlebihlengkapyangmampumeningkatkanhasilbelajarsecaraoptimal.Dandisarankanuntukmencobamengembangkanpenelitianlanjutanyangmembahastentangpeningkatanefektifitasdanmotivasibelajarsiswamelaluimodelpembelajarnprobingpromting.