Penerapan model pembelajaran paikem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA MI Darul Ulum Rembang Kabupaten Pasuruan / K. Istiqomah

Main Author: L.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/105923/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranPAIKEMHasilbelajarIPAMatapelajaranIPAmerupakanpelajaranyangdapatmengembangkanpengetahuandanpemahamankonsep-konsepyangbermanfaatdandapatditerapkandalamkehidupansehari-hari.NamunkegiatanpembelajaranIPAdikelasIVMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruanmasihberpusatpadagurusehinggaaktivitassiswatidaktampakdanhasilbelajarsiswamasihkurangdaristandarketuntasanminimal.DenganmenerapkanmodelpembelajaranPaikemmakaakanmengakatifkansiswadansuasanapembelajaranakanmenyenangkanbagisiswa.Sehinggahasilbelajarnyaakanmeningkat.MasalahyangditelitidalampenelitianiniadalahtentangpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruan.Tujuanpenelitianadalah(a)mendiskripsikanpenerapanPAIKEMmatapelajaranIPAdikelasIVMIDarulUlumRembang(b)mendiskripsikanhasilbelajarsiswakelasIVMIDarulUlumRembangdenganpembelajaranPAIKEM.PenelitianinidilakukandiMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruan.SubyekdaripenelitianiniadalahsiswakelasIVMIDarulUlumRembangyangberjumlah31siswa.Metodepengumpulandatayangdigunakanyaituobservasiuntukmengetahuiprosesbelajarsiswadantesyangdigunakanuntukmengetahuiprestasibelajarsiswasecaraindividumaupunkelompok.RancanganyangdigunakandalamPenelitianTindakanKelas(PTK)menggunakanpendekatankualitatifdeskriptif.Darihasilobservasidiketahuibahwa1)denganpenerapanmodelPembelajaranPaikemmateripokokbagian-bagiantumbuhanmatapelajaranIPAkelasIVMIDarulUlumRembangprosenkegiatanpembelajaranberlangsungsangatbaikdanmengalamipeningkatankarenaadanyainteraksiantarasiswadengansiswadalambelajarkelompokmaupunadanyainteraksiantarasiswadengangurusertaadanyainteraksiantaragurudansiswa.2).DenganpenerapanModelPembelajaranPaikemhasilbelajarIPAsiswakelasIVMIDarulUlumRembangmengalamipeningkatan.PadaPraTindakanrata-ratakelasadalah52kemudianpadapelaksanaanpembelajaransiklusInilairata-ratakelasmeningkatmenjadi6935danpadapelaksanaanpembelajaransiklusIIrata-ratakelasmeningkatmenjadi8500.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranPAIKEMdapatmeningkatkanhasilbelajarIPAkelasIVMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruan.Saranbagiguru/penelitilanjutapabilaakanmenerapkanmodelpembelajaranPaikemhendaknyamemperhatikanwaktuadanyatutorsebayamengingatkankepadasiswatentangprosedurbelajarkelompokadanyapemajanganhasilbelajarsiswapadasetiapakhirpembelajaran.