Penerapan model pembelajaran paikem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA MI Darul Ulum Rembang Kabupaten Pasuruan / K. Istiqomah
Main Author: | L. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105923/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranPAIKEMHasilbelajarIPAMatapelajaranIPAmerupakanpelajaranyangdapatmengembangkanpengetahuandanpemahamankonsep-konsepyangbermanfaatdandapatditerapkandalamkehidupansehari-hari.NamunkegiatanpembelajaranIPAdikelasIVMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruanmasihberpusatpadagurusehinggaaktivitassiswatidaktampakdanhasilbelajarsiswamasihkurangdaristandarketuntasanminimal.DenganmenerapkanmodelpembelajaranPaikemmakaakanmengakatifkansiswadansuasanapembelajaranakanmenyenangkanbagisiswa.Sehinggahasilbelajarnyaakanmeningkat.MasalahyangditelitidalampenelitianiniadalahtentangpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruan.Tujuanpenelitianadalah(a)mendiskripsikanpenerapanPAIKEMmatapelajaranIPAdikelasIVMIDarulUlumRembang(b)mendiskripsikanhasilbelajarsiswakelasIVMIDarulUlumRembangdenganpembelajaranPAIKEM.PenelitianinidilakukandiMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruan.SubyekdaripenelitianiniadalahsiswakelasIVMIDarulUlumRembangyangberjumlah31siswa.Metodepengumpulandatayangdigunakanyaituobservasiuntukmengetahuiprosesbelajarsiswadantesyangdigunakanuntukmengetahuiprestasibelajarsiswasecaraindividumaupunkelompok.RancanganyangdigunakandalamPenelitianTindakanKelas(PTK)menggunakanpendekatankualitatifdeskriptif.Darihasilobservasidiketahuibahwa1)denganpenerapanmodelPembelajaranPaikemmateripokokbagian-bagiantumbuhanmatapelajaranIPAkelasIVMIDarulUlumRembangprosenkegiatanpembelajaranberlangsungsangatbaikdanmengalamipeningkatankarenaadanyainteraksiantarasiswadengansiswadalambelajarkelompokmaupunadanyainteraksiantarasiswadengangurusertaadanyainteraksiantaragurudansiswa.2).DenganpenerapanModelPembelajaranPaikemhasilbelajarIPAsiswakelasIVMIDarulUlumRembangmengalamipeningkatan.PadaPraTindakanrata-ratakelasadalah52kemudianpadapelaksanaanpembelajaransiklusInilairata-ratakelasmeningkatmenjadi6935danpadapelaksanaanpembelajaransiklusIIrata-ratakelasmeningkatmenjadi8500.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranPAIKEMdapatmeningkatkanhasilbelajarIPAkelasIVMIDarulUlumRembangKabupatenPasuruan.Saranbagiguru/penelitilanjutapabilaakanmenerapkanmodelpembelajaranPaikemhendaknyamemperhatikanwaktuadanyatutorsebayamengingatkankepadasiswatentangprosedurbelajarkelompokadanyapemajanganhasilbelajarsiswapadasetiapakhirpembelajaran.