Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan cacah melalui pembelajaran realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar / Maria Susilawati
Main Author: | Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105916/ |
Daftar Isi:
- KataKunciHasilBelajarBilanganCacahRMEBerdasarkanhasilobservasiyangpenelitilakukandikelasIIIpadawaktupembelajaranMatematikaadalahsebagaiberikut(1)prosesbelajarmengajarmasihberpusatpadagurusehinggasiswakurangaktifdankreatifdalammenemukansendirikonsep(2)penjelasangurukurangdapatdipahamisiswadenganbaik(3)siswayangramaididalamkelascukupbanyak(4)dalampembelajaranguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpemberiantugasdan(5)siswakurangterampilmengerjakanoperasihitungbilangancacah.BerdasarkanpengalamanyangdilakukanterhadapprosespembelajaranMatematikayangberlangsungdiperolehhasilyangkurangmemuaskanyaitudari15siswahanya4siswasajayangnilainyadapatmencapaiKKM(kriteriaketuntasanminimal)atau880560sedangkan11siswalainnyamasihbelumdapatmencapaiKKMatau60.UntukituagardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadantercapainyatujuanpembelajaranperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenerapkanpembelajaranRealisticMathematicEducation(RME).Rumusanmasalahpenelitianini(1)BagaimanapenerapanpembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)tentangoperasihitungbilangancacahpadasiswakelasIIIdiSDNTuliskriyo01KabupatenBlitar(2)ApakahadapeningkatanhasilbelajaroperasihitungbilangancacahmelaluipembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)padasiswakelasIIIdiSDNTuliskriyo01KabupatenBlitarPenelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).SubyekpenelitianadalahsiswakelasIII.Dalampenelitianinipenelitisebagaiguru(pengajar)gurukelas(mitrapeniliti)sebagaiobserverdanrekanmahasiswasebagaipengambilfotodalamprosespembelajaranperkalianbilangancacah.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranRMEtentangoperasihitungbilangancacahpadakelasIIIdiSDNTuliskriyo01KabupatenBlitarsangatbaik.Halinidapatdibuktikandenganadanyapeningkatanhasilbelajarsiswayangsangatbaikpula.Persentaseketuntasanbelajarsiswapadapratindakanadalah2667%padasiklusI80%danpadasiklusIIadalah100%.BerdasarkanhasilkesimpulandisarankankepadagurukelasIIISDNTuliskriyo01KabupatenBlitaruntukmenggunakanpembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)dalampembelajaranMatematikakhususnyapadamaterioperasihitungbilangancacahagarhasilbelajarsiswameningkatdanlebihoptimal.