Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan cacah melalui pembelajaran realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas III di SDN Tuliskriyo 01 Kabupaten Blitar / Maria Susilawati

Main Author: Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/105916/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarBilanganCacahRMEBerdasarkanhasilobservasiyangpenelitilakukandikelasIIIpadawaktupembelajaranMatematikaadalahsebagaiberikut(1)prosesbelajarmengajarmasihberpusatpadagurusehinggasiswakurangaktifdankreatifdalammenemukansendirikonsep(2)penjelasangurukurangdapatdipahamisiswadenganbaik(3)siswayangramaididalamkelascukupbanyak(4)dalampembelajaranguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpemberiantugasdan(5)siswakurangterampilmengerjakanoperasihitungbilangancacah.BerdasarkanpengalamanyangdilakukanterhadapprosespembelajaranMatematikayangberlangsungdiperolehhasilyangkurangmemuaskanyaitudari15siswahanya4siswasajayangnilainyadapatmencapaiKKM(kriteriaketuntasanminimal)atau880560sedangkan11siswalainnyamasihbelumdapatmencapaiKKMatau60.UntukituagardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadantercapainyatujuanpembelajaranperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenerapkanpembelajaranRealisticMathematicEducation(RME).Rumusanmasalahpenelitianini(1)BagaimanapenerapanpembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)tentangoperasihitungbilangancacahpadasiswakelasIIIdiSDNTuliskriyo01KabupatenBlitar(2)ApakahadapeningkatanhasilbelajaroperasihitungbilangancacahmelaluipembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)padasiswakelasIIIdiSDNTuliskriyo01KabupatenBlitarPenelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).SubyekpenelitianadalahsiswakelasIII.Dalampenelitianinipenelitisebagaiguru(pengajar)gurukelas(mitrapeniliti)sebagaiobserverdanrekanmahasiswasebagaipengambilfotodalamprosespembelajaranperkalianbilangancacah.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranRMEtentangoperasihitungbilangancacahpadakelasIIIdiSDNTuliskriyo01KabupatenBlitarsangatbaik.Halinidapatdibuktikandenganadanyapeningkatanhasilbelajarsiswayangsangatbaikpula.Persentaseketuntasanbelajarsiswapadapratindakanadalah2667%padasiklusI80%danpadasiklusIIadalah100%.BerdasarkanhasilkesimpulandisarankankepadagurukelasIIISDNTuliskriyo01KabupatenBlitaruntukmenggunakanpembelajaranRealisticMathematicEducation(RME)dalampembelajaranMatematikakhususnyapadamaterioperasihitungbilangancacahagarhasilbelajarsiswameningkatdanlebihoptimal.