Penerapan think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Segaran 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Luluk Umiatin

Main Author: Luluk
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/105871/
Daftar Isi:
  • KataKunciAktivitasHasilBelajarThinkPairShareIPSSDKeberhasilanprosespembelajarandikelassalahsatunyaditentukanolehcaragurumenggunakanmodelpembelajaran.Modelpembelajarandigunakanharussesuaidengankebutuhansiswakarenasetiapmodelpembelajaranmempunyaitujuanprinsipdanpenekananyangberbeda.Namundalamkenyataannyagurutidakpernahmenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasiakibatnyaaktivitassiswapasifdanhasilbelajarnyarendah.Bahkanguruhanyamenggunakansatumetodepembelajaransajadalamsetiapmengajaryaituceramah.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDNSegaran03KecamatanGedanganKabupatenMalangmelaluimodelpembelajaranThinkPairShare.DalammodeliniSiswaakanberpikir(Think)secaraindividukemudiansiswasecaraberpasangan(Pair)salingtukarpendapatuntukmelengkapipenemuannya.Selanjutnyatahapberbagidalamkelompokbesaryangdilakukandengankelompokbesardikelas(Share).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNSegaran03KecamatanGedanganKabupatenMalangdenganjumlah25siswa.RancanganpenelitianinimenggunakanpengembanganKemmisdanTaggart.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaradokumentasidantest.Sedangkaninstrumenpenelitiannyamenggunakanpedomanwawancaralembarobservasidansoaltest.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVpadamatapelajaranIPSmaterikeanekaragamansukubangsadanbudayadiIndonesia.HasilPretestsiswarata-rataadalah482atau482%siklusImengalamipeningkatanyaitumenjadi698atau698%dansiklusIIterusmengalamipeningkatanmenjadi818atau818%.Hasilbelajarsiswadikatakannaik12%persiklus.Sedangkanuntukaktivitassiswamenunjukkanadanyapeningkatandari1156menjadi1288disiklusII.PenerapanmodelpembelajaranThinkPairShareberhasilditerapkanpadasiswakelasVSDNSegaran03KecamatanGedanganKabupatenMalanguntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.Disarankanbagipenelitilainpenelitianinidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutyasehinggahasilnyadapatdijadikanpedomandanpengembanganprofesidanmeningkatkanprestasibelajarsiswa.