Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model talking stick siswa kelas V SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar / Mohamad Fatih

Main Author: Mohamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/105866/
Daftar Isi:
  • Katakuncimembacapemahamanmodeltalkingstick.Berdasarkanhasilobservasidiketahuibahwasiswabelummempunyaidanmenggunakanketerampilanmembacapemahaman.HalinidapatdiketahuidarihasilpemahamanmembacasiswakelasVdiSDNKepanjenkidul3KotaBlitarmasihrendah.Halinidisebabkansiswabelumsepenuhnyamemahamibacaanpadamateripembelajaran.Untukmengatasimasalahtersebutdigunakandanditerapkanmodeltallkingstickuntukmeningkatkankemampuanmembacapemahamanyangpadapenelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanimplementasimodeltalkingstickterhadapkemampuanmembacapemahamansiswakelasVSDNKepanjenkidul3KotaBlitar(2)mendeskripsikanpeningkatankemampuanmembacapemahamanmelaluimodelpembelajarantalkingsticksiswakelasVSDNKepanjenkidul3KotaBlitar.Untukmencapaitujuantersebutpenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Rancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Instrumendalampengumpulandatapenelitianiniadalahlembarwawancaralembarobservasibaikuntukaktivitassiswamaupunkemampuanguruhasiltesdandokumentasi.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappembelajaranyangdilakukanolehgurukelasVdapatdiketahuibahwanilaiyangdiperolehsiswamasihberadadibawahKKMyaitu70yaituhanya17%.SetelahmenggunakanmodeltalkingsticknilaievaluasimembacapemahamanindividupadasiklusImeningkatyaitumenjadi35%.Prosentasetersebutmasihbelummemenuhistandaryangtelahditetapkanyaitu70%.MakaperludilakukansiklusIIdanpadasiklusIInilaisiswameningkatmenjadi92%.Sedangkannilaipadakelompokjugamengalamipeningkatanyaitu50%padasiklusImeningkatmenjadi100%padasiklusII.AktivitassiswadalampembelajaranjugamengalamipeningkatanpadasiklusIyaitu60%meningkatmenjadi94%padasikusII.Demikianjugadengankemampuangurudalammenerapkanmodelpembelajarantalkingstickjugamengalamipeningkatan.PadasiklusIyaitu60%meningkatpadasiklusIImenjadi93%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajarantalkingstickterbuktidapatmeningkatkanpemahamanmembacasiswabaikhasilkerjakelompokevaluasiindividumaupunaktivitassiswadalampembelajaran.Olehkarenaitudisarankanbagiguruagarmenggunakanmodeltalkingstickdalampembelajaranagarhasilyangdiperolehmenjadimaksimal.