Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model talking stick siswa kelas V SDN Kepanjenkidul 3 Kota Blitar / Mohamad Fatih
Main Author: | Mohamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105866/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimembacapemahamanmodeltalkingstick.Berdasarkanhasilobservasidiketahuibahwasiswabelummempunyaidanmenggunakanketerampilanmembacapemahaman.HalinidapatdiketahuidarihasilpemahamanmembacasiswakelasVdiSDNKepanjenkidul3KotaBlitarmasihrendah.Halinidisebabkansiswabelumsepenuhnyamemahamibacaanpadamateripembelajaran.Untukmengatasimasalahtersebutdigunakandanditerapkanmodeltallkingstickuntukmeningkatkankemampuanmembacapemahamanyangpadapenelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanimplementasimodeltalkingstickterhadapkemampuanmembacapemahamansiswakelasVSDNKepanjenkidul3KotaBlitar(2)mendeskripsikanpeningkatankemampuanmembacapemahamanmelaluimodelpembelajarantalkingsticksiswakelasVSDNKepanjenkidul3KotaBlitar.Untukmencapaitujuantersebutpenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Rancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Instrumendalampengumpulandatapenelitianiniadalahlembarwawancaralembarobservasibaikuntukaktivitassiswamaupunkemampuanguruhasiltesdandokumentasi.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappembelajaranyangdilakukanolehgurukelasVdapatdiketahuibahwanilaiyangdiperolehsiswamasihberadadibawahKKMyaitu70yaituhanya17%.SetelahmenggunakanmodeltalkingsticknilaievaluasimembacapemahamanindividupadasiklusImeningkatyaitumenjadi35%.Prosentasetersebutmasihbelummemenuhistandaryangtelahditetapkanyaitu70%.MakaperludilakukansiklusIIdanpadasiklusIInilaisiswameningkatmenjadi92%.Sedangkannilaipadakelompokjugamengalamipeningkatanyaitu50%padasiklusImeningkatmenjadi100%padasiklusII.AktivitassiswadalampembelajaranjugamengalamipeningkatanpadasiklusIyaitu60%meningkatmenjadi94%padasikusII.Demikianjugadengankemampuangurudalammenerapkanmodelpembelajarantalkingstickjugamengalamipeningkatan.PadasiklusIyaitu60%meningkatpadasiklusIImenjadi93%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajarantalkingstickterbuktidapatmeningkatkanpemahamanmembacasiswabaikhasilkerjakelompokevaluasiindividumaupunaktivitassiswadalampembelajaran.Olehkarenaitudisarankanbagiguruagarmenggunakanmodeltalkingstickdalampembelajaranagarhasilyangdiperolehmenjadimaksimal.