Peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran value clarification technique (VCT) pada matapelajaran PKn kelas V di SDN Sukoharjo 1 Kota Malang / Citra Kurnia Rizkyanti
Main Author: | Citra Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105864/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajaranVCTMatapelajaranPKnHasilBelajarProsespembelajaranPKndiSekolahDasarmenuntutgurumampumenyediakandanmengelolapembelajaranPKndenganmetodedanteknikpenunjangyangmemungkinkansiswadapatmengalamiseluruhtahapanpembelajaranyangbermuatanketerampilanprosesdanpenguasaankonsep.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukandengangurukelasVdiSDNSukoharjo1KotaMalangtentangpembelajaranPKndiketahuibeberapapermasalahanyangdihadapipadapembelajarandikelastersebutdiantaranya(1)Metodemengajaryangdigunakanolehgurumasihdidominasimetodeceramah(2)Aktivitasbelajarsiswarendahyangditandaiolehsiswakurangaktifdalammencariataumenemukanpengetahuannyasendiri(3)HasilbelajarPKnsiswakelasVmasihrendah.Ada7siswa(2413%)telahmencapaiketuntasanbelajarindividudansebanyak22siswa(7586%)belummencapaiketuntasanbelajarindividu.UntukmengatasimasalahtersebutmakadilakukanpenerapanmodelpembelajaranVCT.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)MendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranVCTdalampembelajaranyangdapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswakelasVSDNSukoharjo1KotaMalangpadamatapelajaranPKn.(2)MendeskripsikanpeningkatanprosesbelajarsiswakelasVSDNSukoharjo1KotaMalangpadamatapelajaranPKn.(3)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasVSDNSukoharjo1KotaMalangpadamatapelajaranPKnPenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganprosedurkerjadilaksanakan2siklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Subyekpenelitianiniadalah29siswakelasVSDNSukoharjo1KecamatanKlojenKotaMalang.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahdenganobservasiwawancaradokumentasidantes.HasilpenelitiandenganpenerapanmodelpembelajaranVCTmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswasecaraklasikalterjadipeningkatanrata-ratadari5879padaobservasiawalmenjadi6862padatindakansiklusI.Sedangkanpeningkatanrata-ratadarisiklusIkesiklusIImeningkatdari6862menjadi7534.SehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelVCTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNSukoharjo1KotaMalangmateripokokNKRI.BerdasarkanhasilpenelitianinidiharapankangurumenerapkanpembelajaranVCTpadamatapelajaranPKnsehinggasiswamengetahuidanmengalamisecaralangsungdanmateriyangdiperolehdapatdiingatlebihlama.