Peningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition (CIRC) kelas IV SDN Tengger Lor Kabupaten Kediri /Neni Solikhah Wuragil

Main Author: Neni Solikhah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/105854/
Daftar Isi:
  • KatakuncipeningkatankemampuanmodelpembelajaranCIRCidepokokparagrafMasalahyangdihadapiolehguruadalahkemampuanmemahamibacaansiswakelasIVSDNTenggerlormasihrendahsehinggasulituntukmenemukanidepokokdalamsuatuparagraf.UntukmeningkatkankemampuanmenemukanidepokokparagrafdipilihsebuahmodelpembelajarankooperatiftipeCIRC.Dengandemikiansiswadapatmeningkatkankemampuanmemahamibacaansekaligusdapatmenemukanidepokokparagrafdengancarakerjakelompoksalingmembacakanwacanakemudianmenjawabpertanyaanguruberdasarkanwacanatersebutdanmencariidepokokparagraf.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranCIRCdalammeningkatkankemampuanmenemukanidepokokparagrafbagisiswakelasIVSDNTenggerlorKabupatenKediridanuntukmendeskripsikanpeningkatankemampuansiswadalammeningkatkanidepokokparagrafmelauimodelpembelajaranCIRCkelasIVSDNTenggerlorKabupatenKediri.PenelitiandilaksanakandiSDNTenggerLorKabupatenKediripadasiswakelasIVyangberjumlah22siswa.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.RancanganpenelitianmenggunakanpenelitiantindakankelasyangterdiridarisiklusIdansiklusII.Setiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Instrumenyangdigunakanadalahtesbaikindividumaupunkelompoklembarobservasikegiatangurudansiswadandokumentasifotokegiatanpembelajaran.Hasilpenelitianpeningkatandilihatpadasaatpratindakanhasilyangdicapai27%kemudianpadasiklusIhasilbelajarsiswajugameningkatmencapai50%danpadasiklusIIhasilbelajarsiswajugameningkatmencapai91%.DariangkapersentasehasilbelajarsiswapadapratindakansiklusIdansiklusIImenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCIRCdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenemukanidepokokparagraf.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanagardalammeningkatkankemampuansiswauntukmenemukanidepokokparagrafhendaknyagurumenggunakanmodelpembelajaranyanglebihinovatifdanmengajaksiswalebihaktifsepertimodelpembelajaranCIRC.DalammenerapkanmodelpembelajaranCIRChendaknyagurumemahamikegiatanpokokdankomponen-komponenyangterdapatpadamodelpembelajarantersebutsehinggadapatditerapkansecaramaksimal.