Peningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition (CIRC) kelas IV SDN Tengger Lor Kabupaten Kediri /Neni Solikhah Wuragil
Main Author: | Neni Solikhah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105854/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipeningkatankemampuanmodelpembelajaranCIRCidepokokparagrafMasalahyangdihadapiolehguruadalahkemampuanmemahamibacaansiswakelasIVSDNTenggerlormasihrendahsehinggasulituntukmenemukanidepokokdalamsuatuparagraf.UntukmeningkatkankemampuanmenemukanidepokokparagrafdipilihsebuahmodelpembelajarankooperatiftipeCIRC.Dengandemikiansiswadapatmeningkatkankemampuanmemahamibacaansekaligusdapatmenemukanidepokokparagrafdengancarakerjakelompoksalingmembacakanwacanakemudianmenjawabpertanyaanguruberdasarkanwacanatersebutdanmencariidepokokparagraf.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranCIRCdalammeningkatkankemampuanmenemukanidepokokparagrafbagisiswakelasIVSDNTenggerlorKabupatenKediridanuntukmendeskripsikanpeningkatankemampuansiswadalammeningkatkanidepokokparagrafmelauimodelpembelajaranCIRCkelasIVSDNTenggerlorKabupatenKediri.PenelitiandilaksanakandiSDNTenggerLorKabupatenKediripadasiswakelasIVyangberjumlah22siswa.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.RancanganpenelitianmenggunakanpenelitiantindakankelasyangterdiridarisiklusIdansiklusII.Setiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Instrumenyangdigunakanadalahtesbaikindividumaupunkelompoklembarobservasikegiatangurudansiswadandokumentasifotokegiatanpembelajaran.Hasilpenelitianpeningkatandilihatpadasaatpratindakanhasilyangdicapai27%kemudianpadasiklusIhasilbelajarsiswajugameningkatmencapai50%danpadasiklusIIhasilbelajarsiswajugameningkatmencapai91%.DariangkapersentasehasilbelajarsiswapadapratindakansiklusIdansiklusIImenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCIRCdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenemukanidepokokparagraf.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanagardalammeningkatkankemampuansiswauntukmenemukanidepokokparagrafhendaknyagurumenggunakanmodelpembelajaranyanglebihinovatifdanmengajaksiswalebihaktifsepertimodelpembelajaranCIRC.DalammenerapkanmodelpembelajaranCIRChendaknyagurumemahamikegiatanpokokdankomponen-komponenyangterdapatpadamodelpembelajarantersebutsehinggadapatditerapkansecaramaksimal.