Penerapan model role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 3 Kecamatan Blimbing kota Malang / Adellia Shinta Dewi

Main Author: Adellia Shinta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/105852/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelRolePlayingAktivitasHasilBelajarIPSSD.BerdasarkanobservasiawalpadapembelajaranIPSkelasIVdiSDNPurwodadi3diketahuibahwaterdapatbeberapapermasalahanpadapembelajaranIPSdikelasIV.Permasalahantersebutantaralain(1)terjadikebosananpadasiswasaatpembelajaranberlangsunghaltersebutmenandakanlemahnyaaktivitasbelajarsiswa(2)rendahnyatingkatpartisipasiaktifsiswadalampembelajaran(3)iklimpembelajaranmasihbersifatteachercentered.Haltersebutdisebabkankarenametodeyangdigunakanlebihbanyakceramah.Untukituperludiadakanpembaharuandalamhalmetodepembelajaran.SalahsatumetodepembelajaranyangsesuaiadalahmodelRolePlayingyaitumodelpembelajaranyangbertujuanuntukmembantusiswamenemukanmaknadirididuniasosialdanmemecahkandilemadenganbantuankelompok.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelRolePlayingpadapembelajaranIPSsiswakelasIVSDNPurwodadi3(2)mendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswamelaluipenerapanmodelRolePlaying(3)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodelRolePlaying.RancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukansecarakolaboratifantarapenelitidanguru.AdapunrancanganPTKyangdipergunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanmodelKemmisdanMcTaggart.LangkahPTKinimeliputi2siklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakandanobservasirefleksidanrencanaperbaikan.Empattahaptersebutmerupakanlangkahberurutandalamsatusiklusdanberhubungandengansiklusberikutnya.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNPurwodadi3KotaMalangdenganjumlahsiswa29anak.Instrumenyangdigunakanadalahpedomanobservasiwawancaradantessedangkananalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelRolePlayingpadaPembelajaranIPStelahberhasilmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVSDNPurwodadi3.Halinidilihatdariperolehanobservasitentangaktivitassiswasertarata-ratapostesyangterusmeningkat.BerdasarkanhasilobservasiaktivitassiswamengalamipeningkatanpadasiklusIIyangpalingtampakyaitusebagianbesarsiswasudahberanibertanya/menjawabsertamelaporkanhasildiskusi.Hasilbelajarsiswaterusmeningkatmulaidarirata-ratasebelumnya(6355)mengalamipeningkatanpadasiklusIdenganrata-ratakelassebesar(7448)danprosentaseketuntasanbelajarkelasnyayaitu(5517%)meningkatpadasiklusIIdenganrata-ratakelasnyasebesar(8321)danprosentaseketuntasanbelajarkelasnyasebesar(8276%).BerdasarkanpembahasanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelRolePlayingpadaPembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVSDNPurwodadi3KecamatanBlimbingKotaMalang.Disarankanuntukpenelitianselanjutnyahendaknyadapatmemperbaikikelemahan-kelemahanyangadasehinggapembelajarandiharapkanberjalanseoptimalmungkin.Sehinggadaripenelitianinidisarankanagarparagurumemilihdanmenerapkanmodelpembelajaranyanglebihinovatifmenarikdankomunikatifagarsiswalebihaktifdankreatifdalamprosespembelajaran.