Penerapan pembelajaran paikem untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang Kec. Rembang Kab. Pasuruan / Silahi

Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/105846/
Daftar Isi:
  • KatakunciKreativitasMenulisBacaanPAIKEMPadaeraglobalisasisepertisekaranginiperkembanganIlmuPengetahuandanteknologisangatlahpesat.Untukitudiperlukangenerasiyangmampuberpikircerdaskreatifdandinamis.Dansalahsatuusahauntukmewujudknatujuantersebutadalahdenganmeningkatkankemampuanpembelajaransejakdini.PembelajaranbahasaIndonesiaterutamadalamaspekmenulismasihmenjadimasalahyangsulitbagisiswakhususnyadiKelasIVMIDarulUlumRembang.HalitudapatdilihatdarihasilpenilaianpadapratindakandanprosespembelajaranbahasaIndonesiaterutamadalamhalmenulisbacaanyangsesuaidenganejaanyangbaikdanbenar.Masihbanyaksiswayangcepatmerasajenuhpadasaatpembelajaranmenulisberlangsung.BanyakfaktoryangmempengaruhhaltersebutdiantaranyaPembelajaranberlangsungtanpaadanyavariasimetodedalamkegiatanbelajarmengajarparasiswadituntutuntukmenguasaisemuaKompetensiDasartanpadiimbangidenganmetodeyangsesuai.Selainitugurulebihseringmemakaimetodeceramahdengankatalainminatbacaparasiswakurangmaksimal.Penelitianinibertujuanuntuk1)MendeskripsikanprosesdanhasilPAIKEMdalamupayamengoptimalkanpembelajaranmenulisbacaan.2)Mendeskripsikanpenggunaantandabacatitik(.)dankoma().3)Mendeskripsikanpenggunaanhurufkapital.4)MendeskripsikanprosesdanhasilPAIKEMdalamupayamengembangkankreativitassiswa.Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatifyaitusuatumetodeyangberusahamengungkapkangejala-gejalasebagaimanaadanyapadamasakini.Dandidalamnyatercakupsuatuusahapenyelidikanpencatatanpenganalisaandanpenginterpretasiankondisi-kondisiyangterjadi.Carakerjametodedeskriptifdimulaidaripengumpulandatapenganalisaandatapenginterprestasiandatakemudianpenarikankesimpulan.subyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVMIDarulUlumRembangKec.RembangKab.Pasuruanyangberjumlah31siswa.InstrumenpenelitianinimenggunakanlembartesatautugasDarihasilpenelitianinidiketahuibahwa1)PAIKEMdapatmengoptimalkanpembelajaranmenulissiswakelasIVMIDarulUlumRembang.2)Tingkatkesalahanpenulisantandabacatitik(.)dantandabacakoma()dalamtulisansiswakelasIVMIDarulUlumRembang.3)TingkatkesalahanpenulisanhurufkapitaldalamtulisansiswakelasIVMIDarulUlumRembang.4)PAIKEMdapatmengembangaknkreativitassiswaMIDarulUlumRembang.Hasilpeningkataniniterlihatpadahasilbelajarsiswadalammenulisbacaandimanapadasiklus1pertemuanpetamaprosentasehasilbelajarsiswamencapai50%danpadapertemuankeduameningkatmenjadi65%.AdapunpadasiklusIIpertemuanpertamaprosentasehasilbelajarsiswamencapai7615%danpadapertemuankeduamengalamipeningkatanmencapai8612%.Berdasarkanhasilpenelitianmakadisarankankepada(1)GuruhendaknyalebihmeningkatkankualitaspembelajaranbahasaIndonesiaantaralaindenganmenggunakanbanyakmetodetidakterbatashanyapadametodeceramahdantanyajawabsajamelainkanjugalebihbanyakmemanfaatkanmediapembelajaranagarpenyampaianmaterilebihmenarikbagisiswa(2)Siswahendaknyalebihmeningkatkankemampuannyamenulisterutamadalampenggunaantandabacakoma()tandabacatitik(.)danhurufkapitaljugadalampemahamanmengenaiunsurkebahasaanyanglain(3)siswahendaknyamemperbanyakpembendaharaankatadiantaranyadenganmembaca(4)penelitianlanjutanterutamamengenaimetodepengajaranbahasaIndonesiadenganpokokbahasanmenulis.