Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas V SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Khoirul Anwar
Main Author: | Khoirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105835/ |
Daftar Isi:
- KatakuncihasilbelajarpembelajarankooperatifNHTIPSSDBerdasarkanobservasiawaldanwawancarasingkatdengangurukelasVyaituIbuMislihaS.PdyangdilaksanakanpadaminggupertamabulanMaret2010menunjukkanbahwamasihbanyaksiswayangmengalamikesulitandalammemahamimaterisejarah.SebagiansiswatidakmenyukaiIPSkarenabanyakhafalan-hafalan.Dalampembelajarangurumasihmenerangkansecaraklasikal.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarmelaluipenerapanmodelpembelajaranKooperatifTipeNumberedHeadsTogether(NHT)dalammeningkatkanaktivitasbelajarsiswadanpenggunaanmodelpembelajaranKooperatifTipeNumberedHeadsTogether(NHT)dalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifyangdilakukanatasdasardatayangdiperolehdilapangan.RancanganpenelitianinimengacukepadamodelKemmisdanTaggartyangterdiridari2siklusdansetiapsiklusterdiridari4(empat)tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Instrumenyangdigunakanadalah(a)pedomanobservasi(b)angket(c)pedomanwawancaradan(d)testertulis.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranmenggunakanpembelajaranKooperatifTipeNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNGejujgjatiI.Evaluasipratindakandiperolehhasilpembelajarandengan8siswaatau22%siswayangtuntasdalambelajarnya.DatayangtelahdiperolehdarihasiltespadasiklusImenunjukkanadakesamaanantarasiswayangtuntasdansiswayangbelumtuntasyaitusiswayangtuntas18siswaatau50%.DatayangdiperolehdarihasiltespadasiklusIIsiswayangberhasildalambelajarmeningkatdari18siswamenjadi28siswaatau78%yangtuntas.Rata-ratahasilbelajarmeningkatdari643%menjadi728%.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)dalamprosespembelajaransiswaaktifbekerjadalamkelompok.Merekabertanggungjawabpenuhterhadapsoalyangdiberikan.ArtinyaPenerapanpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswadan(2)denganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedheadsTogether(NHT)hasilbelajarIPSpadamateriperjuanganmempertahankankemerdekaandapatditingkatkan.