Penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Gambiran I Kec. Prigen Kab. Pasuruan / Lilik Yuliati
Main Author: | Lilik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105827/ |
Daftar Isi:
- KatakucipembelajarankooperatifTGThasilbelajarIPSSD.NilaiIPStermasukdalamkategorirendahdengannilairata-ratanilaipratindakanyaitu63.Darisiswayangberjumlah31anakhanyaada8siswa(28%)yangmencapaiKKMsedangkan23siswa(74%)masihbelummencapaiKKM.Halinikarenagurulebihseringmenerapkanmetodepembelajaranyangkurangmelibatkankeaktifansiswadanpengalamanlangsungpadadirisiswa.PermasalahantersebutdiatasidenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournaments(TGT)dalampembelajaranIPSpadasiswakelasIIISDNGambiran1KecamatanPrigenKabupatenPasuruan.Tujuanpenelitianiniadalah1)mendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifdenganmodelTeamsGameTournaments(TGT)dan2)mendeskripsikanpembelajarankooperatifmodelTeamsGameTournaments(TGT)dapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIIISDNGambiranIKecamatanPrigenKabupatenPasuruan.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.BentukpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdirancangdenganmenggunakanmodelKemmisTaggartyangterdiridari2siklus.Setiaptindakanmeliputitahapperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIIISDNGambiran1KecamatanprigenKabupatenPasuruan.SumberdatadalampenelitianiniadalahgurudansiswakelasIIISDNGambiran1.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahpedomanobservasipedomanwawancarasoaltesdandokumentasi.HasilpenelitianyangdiperolehadalahsebagaiberikuthasilbelajarsiswayangmerupakanpemahamankonsepIPSmateripokokdenahdanpetasecaraklasikalmengalamipeningkatandari6339%padapratindakanmenjadi7304%padasiklusIdanpadasiklusIImeningkatmenjadi8213%.Hasilbelajarberupaketrampilanproseskerjasamameningkatdari6207%padasiklusIkemudianmengalamipeningkatanmenjadi9333%padasiklusII.SecarakeseluruhanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatandanmencapaitargetyangtelahditetapkansetelahpembelajarankooperatifmodelTGTditerapkan.DaripenelitianinidiharapkanagargurumenerapkanpembelajarankooperatifdalammatapelajaranIPS.Bagipenelitilaindiharapkandapatmenelitidenganmenggunakanmetodeataupendekatanlaindalamrangkameningkatkanmutupembelajarandisekolah.