Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kotalama V Malang / Ida Hamzah

Main Author: Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/105820/
Daftar Isi:
  • Kata-katakuncipembelajaranmindmappinghasilbelajarmembacapemahaman.Membacamerupakankegiatanyangpentingdalamprosespembelajaran.Membacaharusdipandangsebagaiprosespemahamandanmerupakanbentukkhususdaripenalaranbukansemata-matamengenaliataumengucapkankata-kata.Pengertianmembacasebagaiprosesmencarimaknaitubukanberartimengabaikanhurufdankata.Hurufdankataharusdiidentifikasiolehpembaca.Pengidentifikasianitubertujuanuntukmencarimakna.Hasilstudipendahuluanterhadapkompetensisiswadalammembacapemahamanmenunjukkanbahwasiswamasihmengalamikesulitandalammendapatkanmaknadaribacaan.Halinidikarenakanantusiasismesiswayangmasihrendahdankurangtepatnyagurudalampemilihancaradanmediadalampembelajaranmembacapemahaman.Olehkarenaitupenelitimemandangperluuntukmenerapkanmodelpembelajaranbaruyangkreatifdaninovatifdalammembacapemahaman.Penelitimemilihmindmappingsebagaimodelyangakanditerapkanpadapembelajarantersebut.Sejalandenganrumusanmasalahyangdibuatpenelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmindmappingdalampembelajaranmembacapemahamandanmendeskripsikanhasilbelajarsiswadalammembacapemahaman.PenelitianinidilakukandiSDNKotalama5mulaibulanJulimingguke-4sampaiAgustusmingguke-5tahun2009.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdengan2sikluspembelajaran.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasiteshasilbelajardanangket.Analisishasilpenelitiandilakukansecarabersamaan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranBahasaIndonesiakhususnyaketerampilanmembacapemahamandenganmodelpembelajaranmindmappingdapatmeningkatkanhasilpembelajaransiswa.Jikapadakegiatanpratindakannilairata-ratasiswa557padasiklusImenjadi663danpadasiklusIInaikmenjadi779.BerdasarkanhasilpenelitianiniagargurumembiasakanmenerapkanmodelpembelajaranmindmappingdalampembelajaranBahasaIndonesiakhususnyamembacapemahamandanmencobamenggunakannyapadamatapelajaranyanglain.Dalamkegiatanbelajarmengajarguruperlumemperhatikanhal-halyangmendukunghasilbelajardanaktivitassiswadalampembelajaran.