Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kotalama V Malang / Ida Hamzah
Main Author: | Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105820/ |
Daftar Isi:
- Kata-katakuncipembelajaranmindmappinghasilbelajarmembacapemahaman.Membacamerupakankegiatanyangpentingdalamprosespembelajaran.Membacaharusdipandangsebagaiprosespemahamandanmerupakanbentukkhususdaripenalaranbukansemata-matamengenaliataumengucapkankata-kata.Pengertianmembacasebagaiprosesmencarimaknaitubukanberartimengabaikanhurufdankata.Hurufdankataharusdiidentifikasiolehpembaca.Pengidentifikasianitubertujuanuntukmencarimakna.Hasilstudipendahuluanterhadapkompetensisiswadalammembacapemahamanmenunjukkanbahwasiswamasihmengalamikesulitandalammendapatkanmaknadaribacaan.Halinidikarenakanantusiasismesiswayangmasihrendahdankurangtepatnyagurudalampemilihancaradanmediadalampembelajaranmembacapemahaman.Olehkarenaitupenelitimemandangperluuntukmenerapkanmodelpembelajaranbaruyangkreatifdaninovatifdalammembacapemahaman.Penelitimemilihmindmappingsebagaimodelyangakanditerapkanpadapembelajarantersebut.Sejalandenganrumusanmasalahyangdibuatpenelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmindmappingdalampembelajaranmembacapemahamandanmendeskripsikanhasilbelajarsiswadalammembacapemahaman.PenelitianinidilakukandiSDNKotalama5mulaibulanJulimingguke-4sampaiAgustusmingguke-5tahun2009.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdengan2sikluspembelajaran.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasiteshasilbelajardanangket.Analisishasilpenelitiandilakukansecarabersamaan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranBahasaIndonesiakhususnyaketerampilanmembacapemahamandenganmodelpembelajaranmindmappingdapatmeningkatkanhasilpembelajaransiswa.Jikapadakegiatanpratindakannilairata-ratasiswa557padasiklusImenjadi663danpadasiklusIInaikmenjadi779.BerdasarkanhasilpenelitianiniagargurumembiasakanmenerapkanmodelpembelajaranmindmappingdalampembelajaranBahasaIndonesiakhususnyamembacapemahamandanmencobamenggunakannyapadamatapelajaranyanglain.Dalamkegiatanbelajarmengajarguruperlumemperhatikanhal-halyangmendukunghasilbelajardanaktivitassiswadalampembelajaran.