Using picture sequences to improve the narrative text writing of the eight graders of SMP Negeri 2 Mojokerto / Alfian Bagus Hermansyah
Main Author: | Hermansyah, Alfian Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10551/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHermansyahAlfianBagus2014.ImprovingStudentsWritingNarrativeTextsintheEighthGradebyUsingPictureSequences.ThesisUnderGraduatePrograminEnglishLanguageEducationStateUniversityofMalang.AdvisorDr.E.D.LaksmiM.Pd.M.A.KataKuncikemampuanmenulisgambarberurutanteksnarativeBerdasarkanhasildaripenelitianawaldenganmemberikankuesionerdanmewawancarigurukelasyangtelahdilakukanolehpenelitisebelumnyadiketahuibahwasiswakelasVIIIGSMPN2Mojokertomempunyaibeberapamasalahdalammenulis.Pertamaparasiswatidakbisamenemukangagasan.Keduaparasiswatidakbisamengembangkangagasan.Ketigaparasiswatidakbisamenyusungagasan-gagasantersebutdenganbaik.Masalah-masalahinilahyangmembuatparasiswamengalamikesulitandalammenulis.Makadariitupenelitimengadakansebuahpenelitiandanmengusulkangambarberurutanuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.Penelitimenggunakangambarberurutanuntukmeningkatkankemampuanmenulissiswa.Gambarberurutanadalahbeberapagambaryangtersusunsecaraberurutan.Gambarberurutanmembantusiswauntukmenemukanmengembangkandanmenyusungagasan-gagasanmerekadenganbaikdanbenar.Dalampenelitianinipenelitimenggunakandesainpenelitiantindakankelasdenganmengikutiempatlangkahpenelitianyaituperencanaanpenerapanobservasidanrefleksi.Penelitianinidilakukan1tahapanyangterdiridari2pertemuan.SubjekdaripenelitianiniadalahkelasVIIIGdiSMPN2Mojokertopadasemestergenaptahunakademik2013/2014.Adatigapuluhempatsiswadalamkelastersebut.Penelitimenggunakanempatmacaminstrumentpenelitianyaitupedomanwawancarakuesionerobservationchecklistdancatatanlapangan.Setelahmenerapkangambarberurutandalamkelasmenulisbisadisimpulkanbahwagambarberurutandapatmeningkatkankemampuansiswadalammenulissebuahteksnarative.Halituterbuktidengan85%atau29dari34nilaisiswayangbisamencapaiKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)yaitu75setelahmenggunakanmediaini.Adabeberapalangkahmengajardalammenggunakangambarberurutan.Pertamapenelitimemberikancontohteksnaratifyangdibuatmenggunakangambarberurutan.Keduapenelitimenyuruhsiswauntukmengamatigambar.Ketigapenelitimenyuruhparasiswamembuatkerangkaberdasarkangambartersebut.Keempatparasiswamengembangkannyamenjadisebuahparagraf.Siswajugamenyukaipenggunaangambarberurutaninidalamkegiatanbelajarmengajar.Parasiswatertarikuntukmembuatsebuahteksnarativedenganmenggunakangambarberurutan.BerdasarkandaripenemuaninigurubahasaInggrisdiharapkanuntukmengadopsigambarberurutanini.Paragurujugadisarankanuntukmenggunakangambarberurutaninidalamkegiatanbelajarmengajar.Penelitiberharapagarpenelitiyangselanjutnyadapatmelakukanpenelitiandenganmenggunakanberbagaimacammedialainyauntukmemberikantambahanrujukandalamkegiatanbelajarmengajar.Penelitiyangselanjutnyajugadisarankanuntukmenggunakangambarberurutanpadajenisteksyanglainnyasepertiteksrecountdanteksprosedure.