Using picture sequences to improve the narrative text writing of the eight graders of SMP Negeri 2 Mojokerto / Alfian Bagus Hermansyah

Main Author: Hermansyah, Alfian Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10551/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHermansyahAlfianBagus2014.ImprovingStudentsWritingNarrativeTextsintheEighthGradebyUsingPictureSequences.ThesisUnderGraduatePrograminEnglishLanguageEducationStateUniversityofMalang.AdvisorDr.E.D.LaksmiM.Pd.M.A.KataKuncikemampuanmenulisgambarberurutanteksnarativeBerdasarkanhasildaripenelitianawaldenganmemberikankuesionerdanmewawancarigurukelasyangtelahdilakukanolehpenelitisebelumnyadiketahuibahwasiswakelasVIIIGSMPN2Mojokertomempunyaibeberapamasalahdalammenulis.Pertamaparasiswatidakbisamenemukangagasan.Keduaparasiswatidakbisamengembangkangagasan.Ketigaparasiswatidakbisamenyusungagasan-gagasantersebutdenganbaik.Masalah-masalahinilahyangmembuatparasiswamengalamikesulitandalammenulis.Makadariitupenelitimengadakansebuahpenelitiandanmengusulkangambarberurutanuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.Penelitimenggunakangambarberurutanuntukmeningkatkankemampuanmenulissiswa.Gambarberurutanadalahbeberapagambaryangtersusunsecaraberurutan.Gambarberurutanmembantusiswauntukmenemukanmengembangkandanmenyusungagasan-gagasanmerekadenganbaikdanbenar.Dalampenelitianinipenelitimenggunakandesainpenelitiantindakankelasdenganmengikutiempatlangkahpenelitianyaituperencanaanpenerapanobservasidanrefleksi.Penelitianinidilakukan1tahapanyangterdiridari2pertemuan.SubjekdaripenelitianiniadalahkelasVIIIGdiSMPN2Mojokertopadasemestergenaptahunakademik2013/2014.Adatigapuluhempatsiswadalamkelastersebut.Penelitimenggunakanempatmacaminstrumentpenelitianyaitupedomanwawancarakuesionerobservationchecklistdancatatanlapangan.Setelahmenerapkangambarberurutandalamkelasmenulisbisadisimpulkanbahwagambarberurutandapatmeningkatkankemampuansiswadalammenulissebuahteksnarative.Halituterbuktidengan85%atau29dari34nilaisiswayangbisamencapaiKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)yaitu75setelahmenggunakanmediaini.Adabeberapalangkahmengajardalammenggunakangambarberurutan.Pertamapenelitimemberikancontohteksnaratifyangdibuatmenggunakangambarberurutan.Keduapenelitimenyuruhsiswauntukmengamatigambar.Ketigapenelitimenyuruhparasiswamembuatkerangkaberdasarkangambartersebut.Keempatparasiswamengembangkannyamenjadisebuahparagraf.Siswajugamenyukaipenggunaangambarberurutaninidalamkegiatanbelajarmengajar.Parasiswatertarikuntukmembuatsebuahteksnarativedenganmenggunakangambarberurutan.BerdasarkandaripenemuaninigurubahasaInggrisdiharapkanuntukmengadopsigambarberurutanini.Paragurujugadisarankanuntukmenggunakangambarberurutaninidalamkegiatanbelajarmengajar.Penelitiberharapagarpenelitiyangselanjutnyadapatmelakukanpenelitiandenganmenggunakanberbagaimacammedialainyauntukmemberikantambahanrujukandalamkegiatanbelajarmengajar.Penelitiyangselanjutnyajugadisarankanuntukmenggunakangambarberurutanpadajenisteksyanglainnyasepertiteksrecountdanteksprosedure.