Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Negeri Beji Pasuruan / Labibah Maftuhah
Main Author: | Labibah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105401/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasIIIMINegeriBejiPasuruandiketahuibahwadalamprosespembelajaransiswakurangmemilikimotifasibelajarkeaktifandalampembelajarandanhasilbelajaryangrendah.HaliniditunjukkandenganperilakusiswayangkurangbersemangatdankurangaktifdalamkegiatanpembelajaransertasebagianbesarhasilbelajarsiswayangdibawahSKM(75).KeadaaninilahyangmembuatpenelititertarikuntukmenerapkanmodelQuantumTeachingdengankerangkarancanganTANDUR(TumbuhkanAlamiNamaiDemonstrasikanUlangidanRayakan)sebagaiusahauntukmeningkatkanmotivasikeaktifandanhasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanaktivitasprosespembelanjaranquantumpeningkatanmotivasikeaktifandanhasilbelajarIPAsiswakelasIIIMINBejiPasuruan.Metodepenelitianyangdilakukandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifberbentuktindakankelasdandirancangdalam2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaan(planning)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIIIMINegeriBejiPasuruanyangberjumlah36siswa.Metodepengumpulandatadiperolehmelaluiangketmotivasibelajarsiswalembarobservasikegiatansiswaselamaprosespembelajarandantes.Analisisdatasecaradeskriptifkualitatif.HasilPenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelQuantumTeachingdapatmeningkatkanmotivasikeaktifandanhasilbelajarIPAsiswa.BerdasarkanangketmotivasipadasiklusImotivasibelajarsiswaadalah501(83%)makadikategorikansangatbaik.PadasiklusIImotivasibelajarsiswamengalamipeningkatanmenjadi547(92%)dengankategorisangatbaik.KeaktifansiswapadasiklusIadalah406(68%)dengankategoribaikdanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi479(80%)dengankategoribaik.Skorrata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusImencapaiskor777sedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi808.SecaraklasikalpadasiklusIhasilbelajarsiswayangtuntasbelajarnyamencapai61%danpadasiklusIImeningkatmenjadi86%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelQuantumTeachingdapatmeningkatkanmotivasikeaktifandanhasilbelajarIPAsiswa.OlehkarenaitudisarankanbagigurumatapelajaranIPAdapatmenerapkanmodelQuantumTeachinguntukmeningkatkankualitaspembelajaranIPAdanbagipenelitiyanglaindapatdijadikansebagaibahanacuandalampengembanganpenelitianberikutnya.