Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Petung I Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Syamsul Arif

Main Author: Syamsul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/105387/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArifSyamsul.2009.PenerapanPendekatanSainsTeknologiMasyarakat(STM)untukMeningkatkanMotivasiAktivitasdanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranIPAKelasIVSDNPetungIKecamatanPasrepanKabupatenPasuruan.SkripsiProgramStudiS1PGSDJurusanKSDPFIPUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Dr.H.SadunAkbarM.Pd(II)Dra.Hj.SukamtiM.Pd.KataKunciSTMmotivasiaktivitashasilbelajarPendidikanIPAdiSekolahDasarbertujuanagarsiswadapatmengembangkanbakatminatdandapatmenyesuaikandiridenganlingkunganagardapatberpartisipasiaktifdalamkehidupanmasyarakatberbangsadanbernegara.Untukitudiperlukanpendekatanpembelajaranyangdapatmerealisasikantujuantersebut.PendekatanSTMtidakhanyamenekankanpadakonsepsainssajatetapijugamenekankanpadaperanansainsdanteknologidikehidupanmasyarakat.DenganSTMdiharapkandapatmenumbuhkan(a)rasatanggungjawabataskelestariansumberdayaalam(b)kesadaranuntuktidakmerusaklingkungan.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpendekatanSTMdalampembelajaranmendiskripsikanpeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanpendekatanSTM.BerdasarkanpengamatanpenelitipadasiswakelasIVSDNPetungIdiketahuibahwamotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswamasihrendah.HasilbelajarsiswapadapembelajaranIPAhanyamencapairata-rata6026.NilaiinimasihdibawahStandarKetuntasanMinimal(SKM)ditetapkanyaitu65.Dalampembelajarangurukurangmelibatkansiswasecaralangsung.Guruseringmenggunakanmetodeceramahuntukmenjelaskankonsepprinsipatausuatudemonstrasi.Sehinggaaktivitasbelajarsiswahanyamenulisdanmemperhatikanpenjelasanguru.Halinimenyebabkansiswacenderungpasifdalampembelajaran.RancangandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.ModelsiklusyangdigunakandalampenelitianiniadalahModelKurtLewinyangterdiridaribeberapatahapyaituPerencanaanTindakanObservasidanRefleksi.PenelitianinidilakukandikelasIVSDNPetungIkecamatanPasrepankabupatenPasuruanpadamatapelajaranIPA.Kegiatanpenelitiandilaksanakanpadatanggal14Juli2009sampaidengan14Agustus2009dilakukandalam6siklusdimanamasing-masingterdiridari1pertemuan.HasilpenelitianmenunjukkanpeningkatankemampuangurudalammenerapkanpendekatanSTMdalampembelajaranpeningkatanmotivasibelajarsiswadengannilairata-rata7456(kategoricukup)aktivitasbelajarmeningkatdengannilairata-rata(7594)danrata-ratahasilbelajarsiswamencapai7342(kategoricukup).Dari38siswaterdapat31(8158%)siswamencapaiketuntasanhasilbelajardan7(1842%)siswabelumtuntas.Berdasarkanhasilpenelitiandankesimpulandiatassaranyangdapatberikankepadapenelitilainadalahagarmelakukanpenelitiandenganmenggunakaninstrumenyangsesuaidenganlangkah-langkahimplementasipendekatanSTM.