Pengembangan Buku Biologi Sel Berbasis Ragam Media Berbantuan Matriks Pertanyaan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Komunikasi (Kajian Lesson Study)

Main Author: Pramudiyanti, Pramudiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1053/
Daftar Isi:
  • Kajian ini berdasarkan pada pentingnya mengembangkan keterampilan berpikir dan komunikasi, serta penguasaan konsep bagi mahasiswa dalam pembelajaran Biologi Sel. Mengembangkan keterampilan berpikir membutuhkan stimulus yang tepat dengan cara-cara yang mudah dilakukan oleh mahasiswa. Stimulus berpikir dapat berbentuk pertanyaan untuk merangsang memori otak dan dapat berbentuk media visual atau audio untuk merangsang indera merekam pengalaman belajar. Media tersebut dapat berbentuk buku ajar yang berisi teks, gambar, dan video, yang dinamakan buku ajar berbasis ragam media. Kegiatan penelitian dilandasi dengan kegiatan Lesson Study untuk memaksimalkan pemberian perlakuan dan meningkatkan daya pegamatan peneliti. Penelitian ini memusatkan perhatian pada (1) pengembangan buku ajar Biologi Sel berbasis ragam media, (2) pengaruh penggunaan buku ajar terhadap penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi mahasiswa pada pembelajaran Biologi Sel. Penelitian merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (Thiagarajan, 1974). Tahapan pengembangan buku ajar meliputi empat tahapan: (1) tahap pendefinisian (Define), (2) tahap perancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Develop), dan (4) tahap penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian untuk uji coba produk buku ajar meliputi: (1) lembar validasi buku ajar dan perangkat pembelajaran (RPS, SAP, Soal tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis (2) lembar observasi kegiatan belajar mahasiswa, (3) lembar observasi keterampilan komunikasi lisan, (4) lembaran rubrik penilaian penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dan secara deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) terbentuknya produk buku ajar Biologi Sel berbasis ragam media berbantuan matriks pertanyaan, (2) ada pengaruh perlakuan buku ajar berbasis ragam media berbantuan matriks berpikir terhadap penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi mahasiswa. Hasil ini berdasarkan hasil uji statistik berikut: nilai signifikansi penguasaan konsep 0,00 lebih kecil dari p (0,05) demikian pula untuk keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Hasil penelitian memberikan solusi bahwa produk buku ajar Biologi Sel mampu memberikan stimulus kepada mahasiswa untuk menguasai konsep, berpikir kritis dan berkomunikasi. Kegiatan Lesson Study memberikan kejelian dan ketepatan menggali informasi kesulitan mahasiswa dalam kegiatan belajar. Implikasi hasil penelitian yakni buku ajar berbasis ragam media berbantuan matriks pertanyaan dapat digunakan oleh dosen untuk sumber belajar pada pembelajaran Biologi Sel. Kegiatan Lesson Study dapat digunakan untuk meningkatkan daya observasi kelompok belajar dosen dan dosen model dalam rangka mengetahui kesulitan yang dialami oleh mahasiswa selama belajar.