Meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan kecepatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas V SDN Tepas 03 Kabupaten Blitar / Anang Winariyanto

Main Author: Winariyanto, Anang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/105071/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranMatematikaKooperatifTipeSTADHasilBelajarProsespembelajaranmatematikadiSDNTepas03padaumumnyamasihmenggunakanmetodetradisional.HalinidapatdiliatdaricaramembelajarkansiswakelasVguruhanyamengandalkanceramahpadaseluruhmateriyangdiberikan.Sehinggadalamproseskegiatanbelajarmengajarterdapatketimpangan-ketimpanganyangseharusnyatidakadayangpadaakhirnyaakanmempengaruhihasilbelajarsiswa.Ketimpangandalamprosesbelajarmengajartersebutantaralainsiswapasifsaatditanyasiswaapakahtelahpahamterhadapmateriyangdiberikanguruhanyadiamsajadansetelahdiberisoalhasilnyatidaksesuaidengankriteriaminimalketuntasanbelajarhalinidapatdiliatdarihasilbelajarsiswadari38siswahanyaada8siswayangmemperolehskornilai70atau20%dansiswanyayang30siswahanyamemperolehskornilaiantara25s/d55siswaatauskitar80%siswamendapatnilairendahatautidaksesuaidengankriteriaketuntasanminimalbelajarmatematika.AdanyahaltersebutdiatasmakaperludiadakanupayaperbaikandalampembelajaransupayahasilbelajarsiswadapatmeningkatmakapenulisakanmenggunakandanmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivision).ModelinidipilihkarenasesuaidengankeadaansiswadiSDNTepas03yangsangatberanekaragammulaidarijeniskelaminagamakemampuanakademikbudayadanlain-lain.SelainitudenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmemotivasisiswakhususnyadalamhalbertanyamengeluarkanpendapatsertamampubersosialisasibersamatemanya.Dengankemampuanyangdimilikimasing-masingindividupadaakhirnyadapatsalingmengisiantarakekurangandankelebihansiswasatudenganyanglainsehinggasiswadapatlebihmudahmemahamimateridanhasilbelajardapatmeningkat.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahsebagaiberikut.(1)bagai-manakahpelaksanaanpembelajaranmatematikadikelasVSDNTepas03padapra-tindakan(2)bagaimanakahpelaksanaanpembelajaranmatematikadikelasVSDNTepas03denganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(3)bagaimanakahpeningkataanhasilbelajarmatematikadikelasVSDNTepas03daripra-tindakansiklusIdansiklusIIdenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Tujuandaripenelitianiniadalahsebagaiberikut.(1)mendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmatematikadikelasVSDNTepas03padatahappra-tindakan(2)mendeskripsikanpelaksanaanpembelajarandanhasilbelajarmatematikadenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADpadasiklusIdansiklusII(3)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmatematikadenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdaripra-tindakan/observasiyangkemudiandiimplementasikandalamRencanaPelaksanaanPembelajaranIyangselanjutnyabiladiketemukanhal-halyangdirasadapatmenghambatkegiatanpembelajarandanharusperludiperbaikimakaselanjutnyadapatdibuatRencanaPelaksanaanPembelajaranIIyangdigunakanuntukmemperbaikihasilbelajarpadaRencanaPelaksanaanPembelajaransebelumnyadenganmengacupadapermasalahanyangdidapatdalamRencanaPelaksanaanPembelajaranI.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualititatif.RancanganyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridaritigatahapyaitupra-tindakansiklusIdansiklusII.Masing-masingtahapterdiridari(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.DatadansumberyangdibutuhakandalampenelitianiniadalahdatahasilbelajarsiswayangmeliputiprodukdanketerlaksanaanpembelajarankooperatiftipeSTAD.Teknikpengumpulandatadilakukandengancara(1)teknikobservasi(2)teknikkuis(3)teknikkuisioner/angket.Instrumenyangdigunakanberupa(1)lembarobservasi(2)kuisioner/angket(3)kuis/tes(4)catatanlapangan(fieldnote).Teknikanalisadatadipilahmenjadi4kelompokdata(1)datahasilbelajarsiswa(2)datapengamatanpembelajarankooperatiftipeSTAD(3)datakegiatanmengajargurudan(4)datayangdiperolehdariangketsiswa.HasilbelajarsiswayangdiperolehpadaaktivitasgurupadasiklusImemperolehskor8350ataukualfikasinilaibaikdanaktivitasgurupadasiklusIImemperolehskor9450ataukualifikasinilaisangatbaik.Kesimpulanberdasarkantemuandaripeneliatianinidiketahuibahwakegiatanpembelajaranselamapra-tindakansiklusIdansiklusIIdenganmene-rapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikasertadapatmeningkatkanaktivitassiswadanaktivitasgurudalammengembangkanketerampilankooperatifdalamhal(1)menghargaipendapatoranglain(2)mengambilgilirandanberbagitugas(3)mengundangoranglainuntukbicara(4)bertanya(5)mendengarkandenganaktif(6)tidakberbedadalamtugas(7)bersama-samamemeriksajawaban.Saranyangdiberikanadalah(1)bagisiswasetelahmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmengaplikasikanpembelajarankooperatiftipeSTADdengankehidupansehari-harikhususnyadalamhalbekerjasamadanmengeluarkanpendapat(2)bagigurudapatmengembangkanpembelajarankooperatiftipeSTADpadamatapelajaranlainnya(3)bagipenelitilainpenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADperludikembangkanlebihlanjutdanlebihbervariasiuntukmemperbaikikekurangandanmemperolehhasilyangmemuaskan.