Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams echivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu penetahuan alam ( IPA ) siswa 2 SDN Sentul 1 Blitar / Ermi Farida

Main Author: Farida, Ermi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/105067/
Daftar Isi:
  • HasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIII-DSMPNegeriIMalangmenunjukkanbahwapembelajaranfisikamasihseringmenggunakanmetodeceramahdanjarangsekaligurumelakukandiskusikelompok.Disisilainmotivasidanprestasibelajarsiswarendahhaliniterlihatpadasaatgurumenjelaskanmateripelajaransebagianbesarsiswatidakmemperhatikanpenjelesangurusiswaterlihatkurangaktifdalamhalbertanyamaupunmenjawabmateripelajaransiswakurangmemilikiliteraturyangdibawadiadalamkelasuntukmenunjangpemahamansiswatentangmaterifisikayangdiajarkandannilairata-rataulanganhariansiswamasihdibawahSKMyangditentukanolehSMPNegeriIMalang.Prosespembelajarandikelasdapatdikatakantuntasbelajarbila85%siswanyatuntasbelajar.Motivasibelajarmerupakansalahsatuaspekyangberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.Bertolakdarifenomenayangditemukandilapanganpenelitikemudianmerumuskanbeberapapermasalahanyaitu(1)ApakahpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasibelajarfisikasiswakelasVIII-DSMPNegeriIMalang(2)ApakahpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-DSMPNegeriIMalangMetodepenelitianyangdigunakandalampenelitianinipenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatifdatayangdikumpulkanberupakata-kataatauangkayangdijabarkandalamkalimat.Penelitiandifokuskanpadamotivasidanprestasibelajaryangdilakukandengan2siklustindakan.Prestasibelajarsiswadiukurdenganmenggunakantesyangberbentukuraiantesinidilaksanakansetiapakhirsiklus.Sedangkanmotivasibelajardiukurdenganmenggunakaninstrumenberupalembarobservasimotivasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranfisikadenganmodelSTADsecarakeseluruhandapatmeningkatkanmotivasibelajarfisikakelasVIII-DSMPNegeriIMalang.Halinididukungolehhasilanalisislembarobservsimotivasibelajaryangmengalamipeningkatandarisebelumdiberitindakandansetelahdiberitindakan.Haltersebutditunjukkandengansiswasudahmulaiteradaptasidanmengikutipolapembelajaranyangditerapkanolehpenelitidilapangankeberaniansiswauntukbertanyajugameningkat.Reratapersentasekeberhasilantindakanmengalamipeningkatanpadamotivasibelajarsiswasebanyak197%.Sedangkanuntukprestasibelajarjugamengalamipeningkatanprestasibelajarsiswadari70%tuntasbelajarkelaspadasikluskeduamenjadi975%tuntasbelajarkelasdanpersentaseinisudahmelebihidaristandartuntasbelajaryaitu85%