Keefektifan penerapan metode tanya jawab mandiri dalam <BR>pembelajaran PPKN terhadap prestasi siswa kelas V SD Neger <BR>Ciptomulyo II Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Kasminah
Main Author: | Kasminah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2005
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/105048/ |
Daftar Isi:
- PenerapanMetodeTanyaJawabMandiri(TJM)diSDNCiptomulyoIlmerupakansalahsatumetodekegiatanbelajarmengajaryanglebihefektif.PenelitianiniberangkadtarikondisidanpotenssiiswakelasVhasilregroupingtigaSDNcgeri(SDNVSDNVISDNVIIDdengangejalatentangprestasihasilbelajaryangkurangoptimaldanbertujuanuntukmeningkatkanmutupembelajarandikelasVSDNCiptomulyoIIyangkurangefektifagarmenjadiefektif.PenelitianiniberorientaspiadasuatupendekatanpembelajaranTanyaJawabdanEvaluasiMandiri(TJM)(QuestionAnswerandEvaluationItselfMethttcl)(QAEIM).AdapunmatapelajaranyangobyekpenelitiandiSDNegeriCiptomulyoIladalahPPKnpadasemesteIrItahunpelajaran200212003.Metodepenelitianyangditerapkanpenelitidalamkegiataniniadalahmetodepenelitiankualitatifyangditempuhmelaluitigalangkahpenelitianpendahuluanpenelitianlapangandanpenyusunanlaporanpenelitian.PenelitisengajamemilihpendekatapnenelitiankualitatifkarenaLMateripenelitiannyaberupagejalaperubahantingkahlakuyangberpusatpadaperistiwapembelajaransiswakelasVsebagaoibyekpenelitian.2.Obyekpenelitiandapatberubahfungsisebagariekankerjapeneliti.3.Kegiatanpenelitianmerupakanbagiandaridisiplinilmusosialyangmenjadicirikhasdaripenelitiankualitatif.PenerapanMetodeTJMdalamkegiataninipadahakekatnyamerupakansalahsatumetodepembelajaranalternatifbagipenelitidalamupayamemperluasdanmemperkuatperolehanbelajarsiswaberupaperbaikanprestasidanperubahanperilakukearahpembentukansikapyangpositif.PelaksanaaTnJMdiSDNCiptomulyoIIditempuhmelaluitigalangkah1.GurumenyampaikanTPKdanMateriPelajaranuntukdibaca/dipahami.2.GurumemberitugaskepadasiswauntukmenyusunsoallengkapdengankuncijawabannyaselarasdenganTPKyangtelahditetapkan.3.Gurumemberitugaskepadasiswauntuksalingmengisidansalingmengevaluassiecarabergantianb/ergilir.PosisigurudalamTJMiniadalahsebagapiengelolafasilitatormotivatordanevaluatorKBMyangmemungkinkanpembelajaranbisaberlangsungbaiksehinggapadadirisiswaterjadiperbaikanprestasimaupunperilakuyangmencakupaspekkognitifafektifdanpsikomotor.Haliniditunjukkandengantingkatefbktivitasrentangannilaiyangrata-rataberkualitasAdanBSelanjutnyapenelitimenyarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjuttentangpenerapanmetodeTJMtidakhanyapadapelajaranPPKntetapijugaterhadapmatapelajaranyanglaindandijenjangpendidikaynanglebihtinggi.