Keefektifan penerapan metode tanya jawab mandiri dalam <BR>pembelajaran PPKN terhadap prestasi siswa kelas V SD Neger <BR>Ciptomulyo II Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Kasminah

Main Author: Kasminah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2005
Online Access: http://repository.um.ac.id/105048/
Daftar Isi:
  • PenerapanMetodeTanyaJawabMandiri(TJM)diSDNCiptomulyoIlmerupakansalahsatumetodekegiatanbelajarmengajaryanglebihefektif.PenelitianiniberangkadtarikondisidanpotenssiiswakelasVhasilregroupingtigaSDNcgeri(SDNVSDNVISDNVIIDdengangejalatentangprestasihasilbelajaryangkurangoptimaldanbertujuanuntukmeningkatkanmutupembelajarandikelasVSDNCiptomulyoIIyangkurangefektifagarmenjadiefektif.PenelitianiniberorientaspiadasuatupendekatanpembelajaranTanyaJawabdanEvaluasiMandiri(TJM)(QuestionAnswerandEvaluationItselfMethttcl)(QAEIM).AdapunmatapelajaranyangobyekpenelitiandiSDNegeriCiptomulyoIladalahPPKnpadasemesteIrItahunpelajaran200212003.Metodepenelitianyangditerapkanpenelitidalamkegiataniniadalahmetodepenelitiankualitatifyangditempuhmelaluitigalangkahpenelitianpendahuluanpenelitianlapangandanpenyusunanlaporanpenelitian.PenelitisengajamemilihpendekatapnenelitiankualitatifkarenaLMateripenelitiannyaberupagejalaperubahantingkahlakuyangberpusatpadaperistiwapembelajaransiswakelasVsebagaoibyekpenelitian.2.Obyekpenelitiandapatberubahfungsisebagariekankerjapeneliti.3.Kegiatanpenelitianmerupakanbagiandaridisiplinilmusosialyangmenjadicirikhasdaripenelitiankualitatif.PenerapanMetodeTJMdalamkegiataninipadahakekatnyamerupakansalahsatumetodepembelajaranalternatifbagipenelitidalamupayamemperluasdanmemperkuatperolehanbelajarsiswaberupaperbaikanprestasidanperubahanperilakukearahpembentukansikapyangpositif.PelaksanaaTnJMdiSDNCiptomulyoIIditempuhmelaluitigalangkah1.GurumenyampaikanTPKdanMateriPelajaranuntukdibaca/dipahami.2.GurumemberitugaskepadasiswauntukmenyusunsoallengkapdengankuncijawabannyaselarasdenganTPKyangtelahditetapkan.3.Gurumemberitugaskepadasiswauntuksalingmengisidansalingmengevaluassiecarabergantianb/ergilir.PosisigurudalamTJMiniadalahsebagapiengelolafasilitatormotivatordanevaluatorKBMyangmemungkinkanpembelajaranbisaberlangsungbaiksehinggapadadirisiswaterjadiperbaikanprestasimaupunperilakuyangmencakupaspekkognitifafektifdanpsikomotor.Haliniditunjukkandengantingkatefbktivitasrentangannilaiyangrata-rataberkualitasAdanBSelanjutnyapenelitimenyarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjuttentangpenerapanmetodeTJMtidakhanyapadapelajaranPPKntetapijugaterhadapmatapelajaranyanglaindandijenjangpendidikaynanglebihtinggi.