Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun
Main Author: | Samderubun, Santi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104983/ |
ctrlnum |
104983 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/104983/</relation><title>Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun</title><creator>Samderubun, Santi</creator><description>SamderubunSanti.2014peningkatanhasilbelajarPKnmelaluimodelmakeamatchbagisiswakelasIVdiSDNTanggung2KotaBlitar.SkripsiprogramstudipendidikiansekolahdasarjurusanKSDPS1PGSDuniversitasnegerimalang.Pembimbing(1)Dra.WidayatiM.H(2)SuminahS.PdM.PdKataKuncihasilbelajarmakeamatchpkn.122881228812288Pendidikankewarganegaraan(PKn)merupakanusahauntukmengembangkankepribadiandankemampuansiswaagarmerekasecaralahirdanbatindapatmenghayatidanmengamalkanPancasiladalamsegalaaspekkehidupan.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappelaksanaanpembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitardiketahuibahwapembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitarbelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yangditentukanyaitu70jumlahkeseluruhansiswa30yangtuntas14siswayangdibawahKriteriaketuntasanminimal(KKM)16siswa.122881228812288Halinidisebabkangurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensionalyaitumenggunakanmetodeceramahsiswabosanpembelajarankurangbervariasiaktivitasgurulebihdominandaripadasiswa.Penelitianinibertujuan(1)untukmendeskripsikanmodelpembelajaranmakeamatch(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitianadalahpenelitiantindakankelasdenganpelaksanaan4tahapyaitutahapperencanaantahappelaksanaantahapevaluasidantahaprefleksi.Instrumenyangdigunakandalampengumpulandatayaitumenggunakanobservasitesdokumentasiwawancaraselamaprosespembelajaranberlangsung.Analisisdatadilakukansetelahpemberiantindakanpadamasing-masingsiklusyangtelahdilakukan.122881228812288HasilpenelitianmenunjukanbahwapendekatanpembelajarandenganmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.Initerbuktipeningkatanaktivitassiswajugameningkatdarisetiappertemuanatausiklus.daripratindakansiswayangtuntas14denganpresentase47%padasiklusIsiswayangtuntassebesar18siswadenganpresentase48%sedangkanpadasiklusIIsiswayangtuntassebesar30siswadenganpresentase100%dengandemikianterbuktibahwapembelajaranPKnmenggunakanmodelMakeaMatchdapatmeningkathasilbelajarsiswadengandemikiantidakdilakukanperbaikanpadasiklusIII</description><date>2014-09-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Samderubun, Santi (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>104983</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Samderubun, Santi |
title |
Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun |
publishDate |
2014 |
url |
http://repository.um.ac.id/104983/ |
contents |
SamderubunSanti.2014peningkatanhasilbelajarPKnmelaluimodelmakeamatchbagisiswakelasIVdiSDNTanggung2KotaBlitar.SkripsiprogramstudipendidikiansekolahdasarjurusanKSDPS1PGSDuniversitasnegerimalang.Pembimbing(1)Dra.WidayatiM.H(2)SuminahS.PdM.PdKataKuncihasilbelajarmakeamatchpkn.122881228812288Pendidikankewarganegaraan(PKn)merupakanusahauntukmengembangkankepribadiandankemampuansiswaagarmerekasecaralahirdanbatindapatmenghayatidanmengamalkanPancasiladalamsegalaaspekkehidupan.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappelaksanaanpembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitardiketahuibahwapembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitarbelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yangditentukanyaitu70jumlahkeseluruhansiswa30yangtuntas14siswayangdibawahKriteriaketuntasanminimal(KKM)16siswa.122881228812288Halinidisebabkangurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensionalyaitumenggunakanmetodeceramahsiswabosanpembelajarankurangbervariasiaktivitasgurulebihdominandaripadasiswa.Penelitianinibertujuan(1)untukmendeskripsikanmodelpembelajaranmakeamatch(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitianadalahpenelitiantindakankelasdenganpelaksanaan4tahapyaitutahapperencanaantahappelaksanaantahapevaluasidantahaprefleksi.Instrumenyangdigunakandalampengumpulandatayaitumenggunakanobservasitesdokumentasiwawancaraselamaprosespembelajaranberlangsung.Analisisdatadilakukansetelahpemberiantindakanpadamasing-masingsiklusyangtelahdilakukan.122881228812288HasilpenelitianmenunjukanbahwapendekatanpembelajarandenganmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.Initerbuktipeningkatanaktivitassiswajugameningkatdarisetiappertemuanatausiklus.daripratindakansiswayangtuntas14denganpresentase47%padasiklusIsiswayangtuntassebesar18siswadenganpresentase48%sedangkanpadasiklusIIsiswayangtuntassebesar30siswadenganpresentase100%dengandemikianterbuktibahwapembelajaranPKnmenggunakanmodelMakeaMatchdapatmeningkathasilbelajarsiswadengandemikiantidakdilakukanperbaikanpadasiklusIII |
id |
IOS13003.104983 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:16:52Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:16:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721301070413824 |
score |
17.13294 |