Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun

Main Author: Samderubun, Santi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104983/
ctrlnum 104983
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/104983/</relation><title>Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun</title><creator>Samderubun, Santi</creator><description>SamderubunSanti.2014peningkatanhasilbelajarPKnmelaluimodelmakeamatchbagisiswakelasIVdiSDNTanggung2KotaBlitar.SkripsiprogramstudipendidikiansekolahdasarjurusanKSDPS1PGSDuniversitasnegerimalang.Pembimbing(1)Dra.WidayatiM.H(2)SuminahS.PdM.PdKataKuncihasilbelajarmakeamatchpkn.122881228812288Pendidikankewarganegaraan(PKn)merupakanusahauntukmengembangkankepribadiandankemampuansiswaagarmerekasecaralahirdanbatindapatmenghayatidanmengamalkanPancasiladalamsegalaaspekkehidupan.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappelaksanaanpembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitardiketahuibahwapembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitarbelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yangditentukanyaitu70jumlahkeseluruhansiswa30yangtuntas14siswayangdibawahKriteriaketuntasanminimal(KKM)16siswa.122881228812288Halinidisebabkangurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensionalyaitumenggunakanmetodeceramahsiswabosanpembelajarankurangbervariasiaktivitasgurulebihdominandaripadasiswa.Penelitianinibertujuan(1)untukmendeskripsikanmodelpembelajaranmakeamatch(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitianadalahpenelitiantindakankelasdenganpelaksanaan4tahapyaitutahapperencanaantahappelaksanaantahapevaluasidantahaprefleksi.Instrumenyangdigunakandalampengumpulandatayaitumenggunakanobservasitesdokumentasiwawancaraselamaprosespembelajaranberlangsung.Analisisdatadilakukansetelahpemberiantindakanpadamasing-masingsiklusyangtelahdilakukan.122881228812288HasilpenelitianmenunjukanbahwapendekatanpembelajarandenganmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.Initerbuktipeningkatanaktivitassiswajugameningkatdarisetiappertemuanatausiklus.daripratindakansiswayangtuntas14denganpresentase47%padasiklusIsiswayangtuntassebesar18siswadenganpresentase48%sedangkanpadasiklusIIsiswayangtuntassebesar30siswadenganpresentase100%dengandemikianterbuktibahwapembelajaranPKnmenggunakanmodelMakeaMatchdapatmeningkathasilbelajarsiswadengandemikiantidakdilakukanperbaikanpadasiklusIII</description><date>2014-09-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Samderubun, Santi (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>104983</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Samderubun, Santi
title Peningkatan hasil belajar PKn melalui model meke a match bagi siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Santi Samderubun
publishDate 2014
url http://repository.um.ac.id/104983/
contents SamderubunSanti.2014peningkatanhasilbelajarPKnmelaluimodelmakeamatchbagisiswakelasIVdiSDNTanggung2KotaBlitar.SkripsiprogramstudipendidikiansekolahdasarjurusanKSDPS1PGSDuniversitasnegerimalang.Pembimbing(1)Dra.WidayatiM.H(2)SuminahS.PdM.PdKataKuncihasilbelajarmakeamatchpkn.122881228812288Pendidikankewarganegaraan(PKn)merupakanusahauntukmengembangkankepribadiandankemampuansiswaagarmerekasecaralahirdanbatindapatmenghayatidanmengamalkanPancasiladalamsegalaaspekkehidupan.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappelaksanaanpembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitardiketahuibahwapembelajaranPKndiSDNTanggung2KotaBlitarbelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yangditentukanyaitu70jumlahkeseluruhansiswa30yangtuntas14siswayangdibawahKriteriaketuntasanminimal(KKM)16siswa.122881228812288Halinidisebabkangurumasihmenggunakanpembelajaranyangkonvensionalyaitumenggunakanmetodeceramahsiswabosanpembelajarankurangbervariasiaktivitasgurulebihdominandaripadasiswa.Penelitianinibertujuan(1)untukmendeskripsikanmodelpembelajaranmakeamatch(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitianadalahpenelitiantindakankelasdenganpelaksanaan4tahapyaitutahapperencanaantahappelaksanaantahapevaluasidantahaprefleksi.Instrumenyangdigunakandalampengumpulandatayaitumenggunakanobservasitesdokumentasiwawancaraselamaprosespembelajaranberlangsung.Analisisdatadilakukansetelahpemberiantindakanpadamasing-masingsiklusyangtelahdilakukan.122881228812288HasilpenelitianmenunjukanbahwapendekatanpembelajarandenganmakeamatchdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswakelasIVSDNTanggung2KotaBlitar.Initerbuktipeningkatanaktivitassiswajugameningkatdarisetiappertemuanatausiklus.daripratindakansiswayangtuntas14denganpresentase47%padasiklusIsiswayangtuntassebesar18siswadenganpresentase48%sedangkanpadasiklusIIsiswayangtuntassebesar30siswadenganpresentase100%dengandemikianterbuktibahwapembelajaranPKnmenggunakanmodelMakeaMatchdapatmeningkathasilbelajarsiswadengandemikiantidakdilakukanperbaikanpadasiklusIII
id IOS13003.104983
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:16:52Z
last_indexed 2021-11-04T07:16:52Z
recordtype dc
_version_ 1752721301070413824
score 17.13294