Penerapan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sumbersuko 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Sri Mujiati

Main Author: Sri, Mujiati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104949/
Daftar Isi:
  • MujiatiSri.2014.PenerapanModelSurveyQuestionReadReciteReview(SQ3R)untukMeningkatkanKeterampilanMembacaPemahamanpadaSiswaKelasVSDNSumbersuko01KecamatanWagirKabupatenMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.RumidjanM.Pd(2)MuchtarS.PdM.SiKataKuncisurveyquestionreadrecitereviewn(SQ3R)membacapemahamanSDMembacamerupakansalahsatuaspekpembelajaranbahasaIndonesiayangdiajarkanmulaidarikelassatusampaidengankelasenam.Padapembelajaranmembacadikelasrendahlebihmengutamakanpadapembelajaranmembacapermulaan.Sedangkanmembacapadakelastinggimembacamerupakanprosesberpikirsecarakritisdankreatifyangdilakukandengantujuanmemperolehpemahamanyangbersifatmenyeluruh.Dalampembelajaranmembacadisekolahdasarmembacamemilikitugasuntukmembinasiswaagarsiswamemilikikemampuanatauketrampilanyangbaikdalammembaca.Ketrampilanitumeliputikemampuanmemberiresponyangtepatdanakuratterhadaptuturantertulisyangdimodel.Tujuanpenelitianiniadalahuntukpeningkatanketerampilanmembacapemahamanmelaluimodelsurveyquestionreadrecitereview(SQ3R)dapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamanpadasiswakelasVSDNSumbersuko01Jenispenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Prosedurkegiatanpenelitiantindakankelasinimeliputiperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridariduasiklus.Fokustindakanpadasiklus1adalahpenerapanmodelSQ3Rdenganmenggunakanperangkatpembelajaranyangtelahdisusun.Sedangkansiklus2dilakukanperbaikandarisegiprosesdanperangkatyangadaberdasarkanhasilobservasidanrefleksidarisikluspertamaHasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelsurveyquestionreadrecitereview(SQ3R)untukmeningkatkanketerampilanmembacapemahamanpadasiswakelasVmenunjukkanadanyapeningkatan.Halinidapatdilihatpadakegiatanrefleksiawalprosentaseketuntasansiswahanyasebesar1282%.Padasiklus1ketuntasanbelajarsiswamencapai3077%danpadasiklus2ketuntasansiswamencapai7308%.Denganmenggunakanmodelsurveyquestionreadrecitereview(SQ3R)dalampembelajaranBahasaIndonesiasiswalebihmudahmemahamiisibacaan.Siswajugalebihaktifdalammengerjakansetiapkegiatandansiswalebihberanimengungkapkanpendapatnyasaatmenjawabpertanyaanmaupunmeresponjawabanteman.Disarankandalammenerapkanmodelsurveyquestionreadrecitereview(SQ3R)hendaknyasurveydilakukansecaraindividuagarsiswalebihmandiridalammelakukansurvey.