Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SDN Kalen Kabupaten Lamongan / Syahrul Adhi Sugiarto

Main Author: Sugiarto, Syahrul Adhi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104946/
Daftar Isi:
  • SugiartoSyahrulAdhi.2014.PenerapanModelPembelajaranThinkPairShareuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswaMataPelajaranIPSKelasVSDNKalenKabupatenLamongan.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.RuminiatiM.Si(2)Drs.SutarnoM.Pd.KataKuncithinkpairshareaktivitashasilbelajarIPSSDPembelajaranIPSdikelasVSDNKalenmasihberpusatpadaguru.Gurubelummengeksplorasipengetahuanawalsiswatentangmateripokokpelajaranyangakandipelajarisiswahanyamelakukankegiatanmendengarmencatatdansiswabelummendapatkankesempatanberdiskusidalamkelompokuntukmemecahkanmasalah-masalahyangberkaitandengandenganpembelajaran.Haltersebutmembuatsiswakurangaktifmengikutipembelajaran.Siswayangpasifmengakibatkannilairata-ratahasilbelajarsiswarendahdandibawahKKMDari8siswanilairata-rata53denganketuntasanklasikalsebesar25%.TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)padamatapelajaranIPSsiswakelasVSDNKalenLamonganmendeskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarsiswaselamapenerapanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)padamatapelajaranIPSkelasVSDNKalenLamongandanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)dapatpadamatapelajaranIPSkelasVSDNKalenLamongan.RancanganyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelsiklusKemmisdanTaggartyangterdiridaritahapperencanaanperlakuanpengamatandanrefleksi.Penelitianinidilaksanakandalam2siklusdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasVSDNKalenLamonganyangberjumlah8siswasetiapsiklusterdiridari2pertemuan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanaktivitasgurudalampelaksanaanpembelajarandarirata-ratapadasiklusI7221%meningkatmenjadi9444%padasiklusII.Aktivitassiswameningkatdarinilairata-rata6821disiklusImeningkatmenjadi8280disiklusII.Hasilbelajarsiswameningkatdarinilairata-rata6406denganpresentaseketuntasanklasikal625%disiklusImeningkatmenjadi7937denganpresentaseketuntasanklasikalmencapai100%disiklusII.BerdasarkanuraiandiataspenulisdapatmemberikankesimpulanbahwapenerapanmodelThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPAsiswakelasVSDNKalenLamongan.SarandalampenelitianinihendaknyaagarmodelinidapatdipertimbangkanuntukditerapkanpadapembelajaranIPSsebagaisalahsatualternatifdalammemilihdanmenggunakanmodelyangsesuaiuntukmeningkatkankualitaspembelajaranIPS.