Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model kooperatif tipe round table pada siswa kelas IV SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar / Elva Rafika Yuniati
Main Author: | Yuniati, Elva Rafika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104922/ |
Daftar Isi:
- YuniatiElvaRafika.2014.PeningkatanKeterampilanMenulisDeskripsiMelaluiModelKooperatifTipeRoundTablePadaSiswaKelasIVSDNSumberagung03KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS1PGSDFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AlifMudionoM.Pd(II)Drs.H.HadiMustofaM.PdKatakunciRoundTabledeskripsimenulis.PenelitianinidilaksanakanberdasarkanhasilobservasidikelasIVSDNSumberagung03yangmenunjukkanbahwatingkatkemampuansiswadalammenulisdeskripsimasihkurangberkembang.Berdasarkanhasilobservasidapatdiketahuibahwadari19siswakelasIV11atau5789%siswabelummemenuhikriteriakeberhasilanbelajaryangtelahditetapkanyaitu65dan8atau4211%siswasudahmemenuhikriteriakeberhasilanbelajar.Halinidikarenakansiswakesulitandalammenuangkanidepikiranperasaaninformasidangagasansecaratertulis.UntukdapatmeningkatkanketerampilanmenulisdeskripsisiswamakaperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenerapkanmodelkooperatiftipeRoundTable.Rumusanmasalahdaripenelitianiniyaitu(1)BagaimanakahpenerapanmodelkooperatiftiperoundtabledalammeningkatkanketerampilanmenulisdeskripsipadasiswakelasIVSDNSumberagung03KabupatenBlitar(2)ApakahpembelajaranmodelkooperatiftiperoundtabledapatmeningkatkanketerampilanmenulisdeskripsisiswakelasIVSDNSumberagung03KabupatenBlitarPenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas.Subyekpenelitianiniadalah19siswakelasIVSDNSumberagung03.Instrumenpenelitianinimeliputilembarobservasilembartesdancatatanlapangan.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdatasecarakualitatif.Penelitianinidilakukan2siklusdengantahapanpenelitianmeliputiperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanterhadaphasilmenulisdeskripsisiswameningkatdaripratindakanterdapat4211%siswayangtuntassiklusIpertemuan1terdapat5789%siswayangtuntasbelajarsiklusIpertemuan2terdapat6316%siklusIIpertemuan1terdapat7368danpadasiklusIIpertemuan2menjadi8421%siswayangtuntasbelajardarijumlah19siswa.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurumenerapkanmodelkooperatiftiperoundtableiniuntukmateripelajaranlainagarsiswasenangdalammengikutipembelajaran.