Peningkatan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual dengan model Think, Pair, Share (TPS) pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Tegalasri 04 Kabupaten Blitar / Sani Sari Ratna

Main Author: Ratna, Sani Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104919/
Daftar Isi:
  • RatnaSaniSari.2014.PeningkatanKemampuanSiswaMengomentariPersoalanFaktualDenganModelThinkPairShare(TPS)padaPembelajaranBahasaIndonesiaKelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SuhelMadyonoS.PdM.Pd(2)Dra.WasihD.S.M.PdKataKuncimengomentaripersoalanfaktualTPSberbicaraDatahasilobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSDNTegalasri04KabupatenBlitardenganmateripembelajaranmengomentaripersoalanfaktualpadaketerampilanberbicaraditemukanpermasalahanbahwa(1)siswamasihmengomentaripersoalandengansekadarnyasajatanpadisertaialasanyangmendukung(2)siswakurangpercayadiridanlancarberbicaraketikaberbicaraspontanuntukmenyatakanpendapatnya(3)pendapatyangdikemukakansiswacenderungmiripdengancontohkomentardarigurudan(4)gurumasihmenggunakanmodelkonvensionaldanmasihterpancangpadabukupelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmetodeTPSdalammeningkatkanpembelajaranmengomentaripersoalanfaktualpadasiswakelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitardan(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamaterimengomentaripersoalanfaktualdenganmodelTPSsiswakelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitar.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.Penelitianiniterdiridari2siklus.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapan(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Rumusanmasalahdalampenelitianadalah(1)bagaimanakahpenerapanmodelTPSdalampelajaranbahasaIndonesiasiswakelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitardan(2)bagaimanakahpeningkatanhasilbelajarpadamaterimengomentaripersoalanfaktualmelaluimodelTPSpadasiswakelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitar.Teknikpengumpulandatadilakukandenganobservasiteswawancaradokumentasidancatatanlapangan.Instrumenpenilaianyangdigunakanberupalembarobservasiaktivitassiswadangurusoaltesmengomentaripersoalanfaktualpedomanwawancarasiswadangurulembardokumentasidanformatcatatanlapangan.Hasilpenelitiandikelompokkankedalamduakelompokyaitu(1)penerapanmodelTPSdalampelajaranbahasaIndonesiasiswakelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitardan(2)peningkatanhasilbelajarpadamaterimengomentaripersoalanfaktualmelaluimodelTPSpadasiswakelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitar.HasilpenelitianpenerapanmodelTPSdalampembelajaranbahasaIndonesiaditunjukkanolehpersentasecapaianpelaksanaanpembelajaranpadasiklusIIsebesar867%.Skorrata-ratapadapratindakancukupbaikyakni59denganpersentaseketuntasan133%(sangatkurangbaik)meningkatcukupbaikpadasiklusIdenganskorrata-rata68denganpersentaseketuntasan267%(sangatkurangbaik).PadasiklusIImeningkatbaikdenganskorrata-rata80danpersentaseketuntasanmencapai867%(sangatbaik).PeningkatanhasilbelajarmaterimengomentaripersoalanfaktualmelaluimodelTPSsiswakelasVSDNTegalasri04terlihatdengansiswayangsudahmampumembuatpertanyaan5W1Hbesertajawabannyadengantepatmenentukanpokokpersoalanyangsesuaidenganbacaandandapatmengomentaripersoalanfaktualdisertaialasanyangmendukungdanmenggunakansantunbahasa.HasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelTPSdapatmeningkatkanhasilbelajarmengomentaripersoalanfaktualsiswakelasVSDNTegalasri04KabupatenBlitar.OlehkarenaitudisarankanuntukmenerapkanmodelTPSdalampembelajaranmengomentaripersoalanfaktual.selainituperluadanyatindaklanjutberupapenyebarluasanmodelTPSkarenadenganmodelinimembiasakansiswauntukberpikirsecaraindividuberbagigagasandenganberpasangandanmengkomunikasikanhasilkerjakepadaseluruhpasangandalamkelas.