Persepsi guru terhadap kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN di Wilayah Gugus 1 Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang / Novita Qurrotu A'yun

Main Author: A'yun, Novita Qurrotu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104918/
Daftar Isi:
  • PersepsiGuruTerhadapKesulitanMembacaPermulaanpadaSiswaKelasISDNDiWilayahGugus1KecamatanBarengKabupatenJombang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SjafruddinA.RS.PdM.Pd.(II)Drs.H.AchmadBadawiS.PdM.Pd.KataKuncipersepsigurumembacapermulaansiswakelas1SDKesulitanmembacapermulaanadalahkesukaran-kesukaranyangdialamisiswasekolahdasardikelasawaldalamprosesbelajarmembacasertamembunyikanataupengucapanlafaldanintonasi.PermasalahanyangterjadidisekolahyaitumasihterdapatsiswadikelasIyangbelumdapatmembacadansiswadikelasIIyangmasihmengalamikesulitanmembacapermulaan.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakup(1)persepsiguruterhadapkesulitanmembacapermulaan(2)faktor-faktoryangmempengaruhisiswaterhadapkesulitanmembacapermulaandan(3)upayayangdilakukanuntukmenindaklanjutisiswayangmasihmengalamikesulitanmembacapermulaan.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikangketdanwawancara.Untukmenjagakeabsahandatadilakukanpeningkatanketekunantriangulasidanmenggunakanbahanreferensi.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehtigakesimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamatentangpersepsiguruterhadapkesulitanmembacapermulaanyaitu(1)orangtuakurangmendukungbelajaranakketikadirumah(2)terdapatsiswayangtidakmenempuhpendidikanTK(3)terdapatsiswaberkebutuhankhususyangsekolahdiSDN(4)siswabelumhafalabjad(5)siswasulitmembedakanberbentukmiripsepertib-dp-gg-qdanp-qatauhurufyangterbaliksepertim-w(6)siswasulitmelafalkanhurufyangberbunyimiripsepertit-db-gdanc-j(7)siswasulitmelafalkanhurufyangsulitdilafalkansepertiq-r-xdan(8)siswamudahlupaapabiladiajarkanmembacasukukata.Keduatentangfaktor-faktoryangmempengaruhisiswaterhadapkesulitanmembacapermulaanyaitu(1)faktorfisiologis(2)faktorintelegensi(3)faktorlingkungan(4)faktorpsikologisdan(5)faktorkeluarga.Ketigatentangupayayangdilakukanuntukmenindaklanjutisiswayangmasihmengalamikesulitanmembacapermulaanyaitu(1)memanfaatkanwaktuluangdisekolahuntukmengajarisiswaberkesulitanmembacasecaraintensif(2)berbicarakepadaorangtuasiswaberkesulitanmembacauntukmengajaridanmembimbinganakdirumah(3)memberinasihatdanmotivasikepadasiswaberkesulitanmembacadan(4)mengajaksiswaberkesulitanmembacauntukbermaingame/kuisyangberhubungandenganmaterimembacapermulaanketikajampelajaranakanberakhir.