Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing (talking chips) di kelas IV SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Yuni Setyowati
Main Author: | Setyowati, Yuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104898/ |
Daftar Isi:
- SetyowatiYuni.2013.PeningkatanKeterampilanMenulisNarasiMelaluiModelKooperatifTipeKancingGemerincing(TalkingChips)diKelasIVSDNBendogerit2KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AlifMudionoM.Pd(II)SuwartiS.PdM.Pd.KataKuncimenulisnarasikooperatifkancinggemerincingsekolahdasar12288122881228812288BerdasarkanobservasiyangtelahdilakukansiswakelasIVSDNBendogerit2mengalamikesulitansehinggahasilbelajarsiswapadaketerampilanmenulisnarasisangatrendahdenganrata-rata6478.Tingkatpenguasaankelasrata-ratadalampemilihankata6452%kelengkapankalimathanya6779%penggunaanejaanhanya5744%dankeruntutanceritahanya6937%dengan11siswatuntasdan12siswatidaktuntas.Karenaitulahpenelitimelakukanpenelitianuntukmeningkatkanketerampilanmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincing.Melaluipenelitianinidapatdiketahuibagaimanapenerapanpembelajaranmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincingdanpeningkatanketerampilanmenulisnarasisiswadenganmenerapkanpembelajaranmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincing.12288122881228812288Penelitiandilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifyaitujenispenelitiantindakankelas.TahapanpenelitiandilakukansesuaitahapyangdikemukakanolehKemmisdanTaggart.Subjekpenelitiberjumlah23siswa.Datayangdiambiladalahdatatentanghasilbelajarsiswaketerlaksanaanpembelajaranmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincingkegiatangurudalammengajardanresponsiswa.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasiangketteswawancarastudidokumenterdancatatanlapangan.Teknikanalisadatadilakukansetelahpelaksanaantindakanpadasetiapsiklus.Analisadatamerupakanprosesmenyeleksimenyederhanakanmemfokuskanmengabstraksikandanmengorganisasidatasecarasistematikdanrasionaluntukmenyusunjawabanterhadaptujuanpenelitian.UntukhasilbelajardigunakanSKMsebagaistandarketuntasansiswadalambelajar.12288122881228812288Hasilpenelitianyangdiperolehadalahsebagaiberikuthasilbelajarsiswamenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincingmengalamipeningkatandarihasiltesakhirdiperolehpersentaseketuntasanbelajarpadapratindakan4782%dengankategorisangatkurangsiklusI6957%dengankategoribaikdansiklusII100%dengankategorisangatbaik.Darihasilpenelitiantersebutdiharapkanagargurumencobamenerapkanpembelajaranmenulisnarasidenganmodelkoooperatiftipekancinggemerincinguntukmengatasikesulitansiswadalammenuliskarangannarasisedangkanuntukpenelitilaindiharapkandapatmenyempurnakanpenelitianinidenganmenerapkannyapadaruanglingkupyanglebihluas.