Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing (talking chips) di kelas IV SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Yuni Setyowati

Main Author: Setyowati, Yuni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104898/
Daftar Isi:
  • SetyowatiYuni.2013.PeningkatanKeterampilanMenulisNarasiMelaluiModelKooperatifTipeKancingGemerincing(TalkingChips)diKelasIVSDNBendogerit2KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AlifMudionoM.Pd(II)SuwartiS.PdM.Pd.KataKuncimenulisnarasikooperatifkancinggemerincingsekolahdasar12288122881228812288BerdasarkanobservasiyangtelahdilakukansiswakelasIVSDNBendogerit2mengalamikesulitansehinggahasilbelajarsiswapadaketerampilanmenulisnarasisangatrendahdenganrata-rata6478.Tingkatpenguasaankelasrata-ratadalampemilihankata6452%kelengkapankalimathanya6779%penggunaanejaanhanya5744%dankeruntutanceritahanya6937%dengan11siswatuntasdan12siswatidaktuntas.Karenaitulahpenelitimelakukanpenelitianuntukmeningkatkanketerampilanmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincing.Melaluipenelitianinidapatdiketahuibagaimanapenerapanpembelajaranmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincingdanpeningkatanketerampilanmenulisnarasisiswadenganmenerapkanpembelajaranmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincing.12288122881228812288Penelitiandilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifyaitujenispenelitiantindakankelas.TahapanpenelitiandilakukansesuaitahapyangdikemukakanolehKemmisdanTaggart.Subjekpenelitiberjumlah23siswa.Datayangdiambiladalahdatatentanghasilbelajarsiswaketerlaksanaanpembelajaranmenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincingkegiatangurudalammengajardanresponsiswa.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasiangketteswawancarastudidokumenterdancatatanlapangan.Teknikanalisadatadilakukansetelahpelaksanaantindakanpadasetiapsiklus.Analisadatamerupakanprosesmenyeleksimenyederhanakanmemfokuskanmengabstraksikandanmengorganisasidatasecarasistematikdanrasionaluntukmenyusunjawabanterhadaptujuanpenelitian.UntukhasilbelajardigunakanSKMsebagaistandarketuntasansiswadalambelajar.12288122881228812288Hasilpenelitianyangdiperolehadalahsebagaiberikuthasilbelajarsiswamenulisnarasimelaluimodelkooperatiftipekancinggemerincingmengalamipeningkatandarihasiltesakhirdiperolehpersentaseketuntasanbelajarpadapratindakan4782%dengankategorisangatkurangsiklusI6957%dengankategoribaikdansiklusII100%dengankategorisangatbaik.Darihasilpenelitiantersebutdiharapkanagargurumencobamenerapkanpembelajaranmenulisnarasidenganmodelkoooperatiftipekancinggemerincinguntukmengatasikesulitansiswadalammenuliskarangannarasisedangkanuntukpenelitilaindiharapkandapatmenyempurnakanpenelitianinidenganmenerapkannyapadaruanglingkupyanglebihluas.