Peningkatan kemampuan berwawancara dengan menggunakan model problem based learning siswa kelas V SDN Bendogerit 1 Kota Blitar / Ardat Dwi Cahyo

Main Author: Cahyo, Ardat Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104890/
Daftar Isi:
  • CahyoArdatDwi.2014.PeningkatanKemampuanBerwawancaraDenganMenggunakanModelProblemBasedLearningPadaSiswaKelasVSDNBendogerit1KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AlifMudionoM.Pd(II)Dra.YuliWidiartiS.Pd.KatakunciberwawancaraproblembasedlearningBerdasarkanhasiltemuanobservasilapangandiSDNBendogerit1KotaBlitarkelasVdimanaketerampilanberbicarakhususnyadalammateriberwawancarakepadanarasumbermasihkurangbervariasidancenderunghanyamenggunakanmetodeceramah.Materiberwawancaratidaksepenuhnyadapatdikusasiolehsiswakarenakegiatanberwawancarahanyadilakukankepadatemansebangku.PenilitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberbicarakhususnyapadamateriberwawancarasiswakelasVSDNBendogerit1KotaBlitarmelaluimodelProblemBasedLearning.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVSDNBendogerit1KotaBlitardenganjumlahsiswasebanyak37siswayangterdiridari16siswalaki-lakidan21siswaperempuan.Teknikanalisishasilpenelitianyangdipakaiadalahanalisisdeskriptifkualitatif.HasilpenelitiandaridatayangdidapatkanmenunjukkanbahwapenggunaanmodelProblemBasedLearningdapatberjalandenganbaikdandapatmeningkatkanketerampilanberwawancarasiswakelasVSDNBendogerit1KotaBlitarterbuktihasilbelajarsiswamenunjukkanketuntasanklasikal3783%padapratindakanmenjadi4594%padasiklusIdan9459%padasiklusII.DaridatatersebutdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberwawancarasiswakelasVSDNBendogerit1KotaBlitardalamhalmenemukanmasalahmengungkapkanpermasalahanmenemukansolusidaripermasalahanaspekkebahasaandannonkebahasaan.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagargurumenggunakanmodelProblemBasedLearningdalammeningkatkankemampuanberwawancaradengannarasumber.SelainitusebaiknyagurumerancangRPPsesuaimateriyangdiajarkanmenggunakanmodelyanglebihinovatifsehinggamenariksiswadalambelajarsesuaidenganmateriyangakandiajarkanselalumengadakanperbaikanpembelajaransesuaidenganpermasalahanataukekuranganyangdihadapisebelumnyamengelolakelassesuaidengankebutuhansiswamenciptakankeadaanyangkondusifdalampembelajaran.