Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan / Kateni Winata
Main Author: | Winata, Kateni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104887/ |
Daftar Isi:
- WinataKateni.2013.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeJigsawUntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarPknMateriPengaruhGlobalisasiPadaSiswaKelasIVSDNAndonosariITuturPasuruan.Skripsi.MalangKependidikanSekolahDasardanPraSekolah.FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)MuchtarS.PdM.Si.(2)Dra.MurtiningsihM.Pd.KataKunciJigsawaktivitashasilbelajarglobalisasiPKnPenelitianiniberlatarbelakangadanyaguruyangmasihmendominasipembelajarandidalamkelasdenganmenenerapkanpendekatanpembelajarankonvensionaldimanakegiatanmasihterpusatpadaguru.Halinimenyebabkanaktivitasbelajarsiswakurangmaksimaldanhasilbelajarnyadibawahstandarkriteriaketuntasanminimalsertagurukurangkreatifdalampenggunaanmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajar.Keaktifansiswadalambelajarmasihrendahsiswa-siswakurangkreatifkurangmenyenangkankarenapembelajaranyangmasihcenderungberpusatpadaguruPenelitianinibertujuan(1)UntukmendiskripsikanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawuntukmeningkatkanhasilbelajarPKnmateripengaruhglobalisasipadasiswakelasIVSDNAndonosariITuturPasuruan(2)UntukmendiskripsikanpeningkatanaktivitassiswakelasIVSDNAndonosariITuturPasuruanpadapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawmatapelajaranPknmateripengaruhglobalisasi(3)UntukmendiskripsikanpeningkatanhasilbelajarsetelahditerapkannyamodelpembelajarankooperatiftipeJigsawpadapembelajaranPKnmateripengaruhglobalisasiuntuksiswakelasIVSDNAndonosariITuturPasuruan.PembelajaranmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawadalahstrategipembelajaranyangmelibatkanpartisipasisiswadalamsatukelompokkeciluntuksalingberinteraksidanmelatihtanggungjawabpadadirisendiridanbelajarsiswalain.Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)dengankerjasamaantarapenelitidangurukelasIVSDNAndonosariImulaidariprosesidentiffikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PadasiklusI52%denganrata-rata724dansiklusII96%denganrata-rata834.PadaaktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasiklusIrata-ratamencapai54denganprosentase60%danpadasiklusIImenjadirata-rata78denganprosentase87%.KesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranmodelkooperatiftipeJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Haliniterbuktipadahasilbelajaryangdicapaiolehsiswa.DalammengajarkanPendidikanKewarganegaraan(PKn)disarankanpadaguru-guruhendaknyamenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsaw.