Penerapan model Read, Encode, Annotate, Ponder (REAP) untuk meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas VI SDN Gamping 01 Kabupaten Tulungagung / Weny Ika Fitriastuti

Main Author: Fitriastuti, Weny Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/104874/
Daftar Isi:
  • FitriastutiWenyIka.2013.PenerapanModelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)untukMeningkatkanKeterampilanMembacaKritisSiswaKelasVISDNGamping01KabupatenTulungagung.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MuhanaGipayanaM.Pd(2)Drs.SjafruddinA.RS.PdM.Pd.KataKuncimembacakritisModelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)SD122881228812288BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpenelitipadapembelajaranBahasaIndonesiadikelasVISDNGamping01KabupatenTulungagungditemukanbeberapamasalahyaitu(1)kurangnyaketerampilansiswadalammembacakritismaterimenanggapiisibacaandan(2)kurangnyakemampuansiswadalammeresponisiteksberdasarkanpengetahuansiswadenganmenggunakanbahasasendiri.SalahsatualternatifyangdigunakanyaitumenerapkanmodelpembelajaranReadEncodeAnnotatePonder(REAP)untukmeningkatkanketerampilanmembacakritis.122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelpembelajaranReadEncodeAnnotatePonder(REAP)untukmeningkatkanketerampilansiswadalammembacakritismaterimenanggapiisibacaandan(2)peningkatanketerampilanmembacakritissetelahmenerapkanmodelpembelajaranReadEncodeAnnotatePonder(REAP)dikelasVI.DesainpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitiandilaksanakansebanyak2siklusdansetiapsiklusterdiridari1kalipertemuan.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)planning(2)actingobserving(3)reflectingdan(4)revisiplan.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVISDNGamping01KabupatenTulungagungdenganjumlah15siswa.122881228812288BerdasarkananalisisdatahasilpenelitiansetelahditerapkanmodelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)diketahuibahwabanyaksiswayangtelahmengalamipeningkatandaripratindakansampaisiklusII.Padapelaksanaanpratindakansiswamerasasulitmenanggapibacaansecaratertulismenggunakanbahasasiswasendiri.SedangkanpadapelaksanaansiklusIsiswamulaimampumengungkapkanpendapatdenganmembuatbeberapamacamanotasipadatahapprosesmodelREAPdenganbimbinganguru.PadapelaksanaansiklusIIsiswasudahmandiriuntukmembuatanotasiyangberisipendapatsiswadalammenanggapiisibacaan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)terbuktidapatmeningkatkanketerampilandalammembacakritisuntukmenanggapiisibacaansecaratertulisdenganmenggunakanbahasasiswasendiri.122881228812288SaranyangdapatdiberikanolehpenelitiyaitubagiKepalaSekolahagarmemotivasiguruuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajardenganmenerapkanmodelpembelajaranREAP.Bagigurusebaiknyamenerapkanmodelpembelajaranyanginovatifdanbervariasiagaraktivitasdanhasilbelajarsiswameningkat.UntukpenelitilanjutansebaiknyatahapanREAPditingkatkandalampembelajaranBahasaIndonesiadenganmendeskripsikansetiaptahapanREAPsecarajelasdanterperinci.