Penerapan model Read, Encode, Annotate, Ponder (REAP) untuk meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas VI SDN Gamping 01 Kabupaten Tulungagung / Weny Ika Fitriastuti
Main Author: | Fitriastuti, Weny Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104874/ |
Daftar Isi:
- FitriastutiWenyIka.2013.PenerapanModelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)untukMeningkatkanKeterampilanMembacaKritisSiswaKelasVISDNGamping01KabupatenTulungagung.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MuhanaGipayanaM.Pd(2)Drs.SjafruddinA.RS.PdM.Pd.KataKuncimembacakritisModelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)SD122881228812288BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpenelitipadapembelajaranBahasaIndonesiadikelasVISDNGamping01KabupatenTulungagungditemukanbeberapamasalahyaitu(1)kurangnyaketerampilansiswadalammembacakritismaterimenanggapiisibacaandan(2)kurangnyakemampuansiswadalammeresponisiteksberdasarkanpengetahuansiswadenganmenggunakanbahasasendiri.SalahsatualternatifyangdigunakanyaitumenerapkanmodelpembelajaranReadEncodeAnnotatePonder(REAP)untukmeningkatkanketerampilanmembacakritis.122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelpembelajaranReadEncodeAnnotatePonder(REAP)untukmeningkatkanketerampilansiswadalammembacakritismaterimenanggapiisibacaandan(2)peningkatanketerampilanmembacakritissetelahmenerapkanmodelpembelajaranReadEncodeAnnotatePonder(REAP)dikelasVI.DesainpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitiandilaksanakansebanyak2siklusdansetiapsiklusterdiridari1kalipertemuan.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)planning(2)actingobserving(3)reflectingdan(4)revisiplan.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVISDNGamping01KabupatenTulungagungdenganjumlah15siswa.122881228812288BerdasarkananalisisdatahasilpenelitiansetelahditerapkanmodelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)diketahuibahwabanyaksiswayangtelahmengalamipeningkatandaripratindakansampaisiklusII.Padapelaksanaanpratindakansiswamerasasulitmenanggapibacaansecaratertulismenggunakanbahasasiswasendiri.SedangkanpadapelaksanaansiklusIsiswamulaimampumengungkapkanpendapatdenganmembuatbeberapamacamanotasipadatahapprosesmodelREAPdenganbimbinganguru.PadapelaksanaansiklusIIsiswasudahmandiriuntukmembuatanotasiyangberisipendapatsiswadalammenanggapiisibacaan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelReadEncodeAnnotatePonder(REAP)terbuktidapatmeningkatkanketerampilandalammembacakritisuntukmenanggapiisibacaansecaratertulisdenganmenggunakanbahasasiswasendiri.122881228812288SaranyangdapatdiberikanolehpenelitiyaitubagiKepalaSekolahagarmemotivasiguruuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajardenganmenerapkanmodelpembelajaranREAP.Bagigurusebaiknyamenerapkanmodelpembelajaranyanginovatifdanbervariasiagaraktivitasdanhasilbelajarsiswameningkat.UntukpenelitilanjutansebaiknyatahapanREAPditingkatkandalampembelajaranBahasaIndonesiadenganmendeskripsikansetiaptahapanREAPsecarajelasdanterperinci.