Peningkatan kemampuan siswa melakukan percobaan IPA melalui model pembelajaran siklus belajar 5E di kelas V SDN Ngaringan 04 Kecamatan Gandusari / Yuswandi Diantoro
Main Author: | Diantoro, Yuswandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104869/ |
Daftar Isi:
- DiantoroYuswandi.2013.PeningkatanKemampuanSiswaMelakukanPercoba-anIPAMelaluiModelSiklusBelajar5EdiKelasVSDNNgaringan04KecamatanGandusari.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUnversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.Hj.WasihDSM.Pd(2)Dra.Hj.LilikBintartikM.Pd.KataKuncikemampuanmelakukanpercobaansiklusbelajar5EpembelajaranIPA.HasilobservasipendahuluanpadapembelajaranIPAkelasVdiSDNNgaringan04menunjukkankemampuansiswamengembangkankemampuanmelakukanpercobaanmasihkurang.Penyebabhaltersebutadalahgurubercera-mahtentangmaterisiswamenyimakceramahgurumerangkumisibukuteksIPAdanmenjawabpertanyaanyangadadidalambukuteksIPAsehinggasiswakurangmendapatkesempatanuntukmengembangkankemampuanmelakukanpercobaan.Untukmemperbaikipembelajarantersebutperludiadakanpenelitiantindakankelas(PTK)untukmeningkatkankemampuansiswamengembangkankemampuanmelakukanpercobaandalampembelajaranIPA.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengungkapdanmendeskripsikan(1)pelaksanaanpembelajaranpadatahappratindakan(2)kemampuansiswame-ngembangkankemampuanmelakukanpercobaanpadatahappratindakan(3)pelaksanaanpembelajarandenganmenggunakanmodelsiklusbelajar5Epadatiapsiklus(4)kemampuansiswamengembangkankemampuanmelakukanpercobaanmelaluimodelsiklusbelajar5Epadatiapsiklusdan(5)peningkatankemampuansiswamengembangkankemampuanmelakukanpercobaanmelaluimodelsiklusbelajar5E.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.Tiapsiklusterdiriatas3per-temuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVsebanyak16siswa.Teknikpengum-pulandatayangdigunakanadalahteknikobservasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdatadeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranIPA(1)padatahappratindakandilaksanakandengansangatkurang(4722%)(2)padasiklusIperte-muan1sampaidenganpertemuan3dilaksanakandengancukupbaik(601%)cukupbaik(653%)danbaik(725%)(3)padasiklusIIpertemuan1sampaide-nganpertemuan3dilaksanakandenganbaik(782%)sangatbaik(911%)dansangatbaik(923%).Hasiltersebutmenunjukkanbahwapelaksanaanpembela-jaranmengalamipeningkatanyaitupadasiklusIpertemuan1meningkat1288%daritahappratindakanpertemuan2meningkat52%daripertemuan1pertemuan3meningkat72%daripertemuan2.PadasiklusIIpertemuan1me-ningkat57%daripertemuan3siklusIpertemuan2meningkat129%dariperte-muan1danpertemuan3meningkat12%daripertemuan2.Kemampuansiswamengembangkankemampuanmelakukanpercobaan(1)padatahappratindakansamasekalitidakdikembangkankarenapembelajarandilaksanakansecarasemikonvensional(2)padasiklusIpertemuan1sampaide-nganpertemuan3dilaksanakandengancukupbaik(55%)cukupbaik(68%)danbaik(77%)(3)padasiklusIIpertemuan1sampaidenganpertemuan3di-laksanakandenganbaik(80%)sangatbaik(85%)dansangatbaik(89%).Hasiltersebutmenunjukkankemampuansiswamengembangkankemampuanmelaku-kanpercobaanmengalamipeningkatanyaitupadasiklusIpertemuan1mening-kat55%daritahappratindakanpertemuan2meningkat13%daripertemuan1danpertemuan3meningkat11%daripertemuan2.PadasiklusIIpertemuan1meningkat3%daripertemuan3siklusIpertemuan2meningkat5%dariperte-muan1danpertemuan3meningkat4%daripertemuan2.Kesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranmenggunakanmodelsiklusbelajar5Eyangdilakukandengansangatbaikdapatmeningkatkankemam-puansiswamelakukanpercobaandengansangatbaik.Berdasarkanhasilpeneli-tianinigurudisarankanuntuk(1)menggunakanmodelsiklusbelajar5Euntukmengembangkankemampuanmelakukanpercobaan(2)menyiapkanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)danlembarkerjakelompok(LKK)denganma-tangdan(3)sabarmembimbingsiswadalammelakukanpercobaanIPAyangmenggunakanmodelsiklusbelajar5E.