Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Lina Rianingrum
Main Author: | Rianingrum, Lina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104861/ |
Daftar Isi:
- RianingrumLina.2013.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTADpadaMataPelajaranIPSuntukMeningkatkanAktifitasdanHasilBelajarSiswaKelasIVSDNSidomulyoKec.PurwoasriKab.Kediri.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS-IPendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.M.ImronRosyadi.H.SyS.PdM.PdDra.SriSugihartiM.Pd.KataKunciPembelajaranKooperatifIPSAktifitasBelajarHasilBelajar.Kondisidalamdunianyatapendidikancenderungmengabaikanpelakupendidikan.Merekamenganggapsumberdayamanusiadansaranaprasanamenjadiaspekterpentingdalampembelajaran.Padahaldalampembelajaranharusberpusatpadakebutuhanperkembangansebagaiindividuyangunik.HaltersebutbisadicapaiapabiladalamprosesbelajarmengajartidakterpakudalamsatumodelpembelajarandalammenyampaikanmateridengantujuanagarmatericepatdiserapterutamadalampembelajaranIPS.Untukmengatasihalinimakadibutuhkansolusiagardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SolusiyangdilakukandalampenelitianiniadalahpenggunaanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADuntukmeningkatkanhasilbelajar.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengkajipeningkatanaktivitasgurupeningkatanaktivitassiswahasilbelajarsiswasertakendalapadapembelajarankooperatiftipeSTAD.Metodepenelitianmenggunakanmetodepenelitiantindakankelas.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNSidomulyoKec.PurwoasriKab.Kediriyangberjumlah25oranglaki-lakiberjumlah13siswadanperempuanberjumlah11siswa.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasidantesformatif.Instrumenyangdigunakandalampenelitianinimeliputisilabusrencanapelaksanaanpembelajaranlembarkerjasiswa(LKS)dantesformatif.Teknikanalisisdatadalampenelitianinidilakukandenganmenggunakanrumuspersentasekejadianyangmuncul.DaripenelitianyangdilakukandapatdilihatbahwaaktivitasgurudalampembelajaranyangmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADmengalamipeningkatan.Padapratindakanaktivitasgurumencapai6470%dengankriteriacukupadasiklusIpencapaianindikatoraktivitasgurumencapai7447%dengankriteriacukupdanpadasiklusIIpencapaiankeberhasilan8823%.SedangkanpadaAktivitassiswamengalamipeningkatanpadapratindakanpencapaiankeberhasilanmencapai54%dengankategorikurangakrifpadasiklusIpencapaiankeberhasilan72%dengankategoricukupdanpadasiklusIIpencapaiankeberhasilanmencapai88%.danhasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadapratindakanhasilbelajarsiswahanya68%padasiklusIpencapaiankeberhasilanmencapai80%danpadasiklusIImencapai96%.12288122881228812288DaridatapencapaianpenelitiantersebutdapatdikataaakanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADdapatdikatakanberhasilkarenadaripenelitianpratindakansampaidenganpelaksanaansiklusIIhasilyangdicapaipadaaktivitasguruaktivitassiswasertahasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.