Perbedaan hasil belajar IPS kelas V yang diajar menggunakan model Team Games Tournament dan model Student Team Achievement Division di SDN Percobaan 1 Malang / Rabihah Hayati

Main Author: Hayati, Rabihah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/104819/
Daftar Isi:
  • KatakunciHasilBelajarModelTeamGamesTournamentModelStudentTeamAchievementDivisionPenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanperbedaanhasilbelajarIPSmateriperjuanganmempertahankankemerdekaansiswakelasVSDNPercobaan1MalangantarapembelajaranmenggunakanmodelTGTdanmodelSTAD.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniyaitukuantitatifdenganbentukrancanganQuasiExperimental.BentukdesainQuasiExperimentalyangdigunakanyaituNonequivalentGroupDesign.PopulasidalampenelitianiniyaitukelasVSDNPercobaan1KotaMalang.SampeldalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasVAdanVBSDNPercobaan1Malang.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaituberupatestulis.Tesdigunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswatentangpenguasaanmateriperjuanganmempertahankankemerdekaan.Tesdiberikansebelumperlakuan(pretest)dansesudahperlakuan(posttest).Bentuksoalyangdigunakanyaitusoalobjektifdenganjumlah20soalyangtelahterujivaliditasdanreliabilitasnya.Tekhnikanalisadatayangdigunakanyaituujituntuksampelindependen.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaansignifikanhasilbelajarmateriperjuanganmempertahankankemerdekaansiswakelasVSDNPercobaan1MalangantarapembelajaranmenggunakanmodelTGTdenganmodelSTAD.PerbedaanyangadapadakeduakelompoktersebutdapatdiketahuimelaluipengujianhipotesisyangmenghasilkannilaiAsymp.Sign2-tiledpadanilaigainscorepadakeduakelas.NilaiAsymp.Sign2-tiled0037005sehinggaHaditerima.PembahasanmenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanmodelSTADlebihbaikdaripadapembelajaranmenggunakanmodelTGTsehinggaadaperbedaansignifikanhasilbelajarmateriperjuanganmempertahankankemerdekaansiswakelasVSDNPercobaan1MalangantarapembelajaranmenggunakanmodelTGTdenganmodelSTAD.KesimpulanyangdiperolehdaripenelitianyaituHasilbelajarsiswakelaseksperimenmodelteamgamestournamentdiperolehdatapretestmemilikinilairata-ratasebesar4463.Setelahmendapatperlakuandiperolehdataposttestdengannilairata-rata722.Rata-ratagainscoresebesar2756.(2)Hasilbelajarsiswakelaskontrolmodelstudentteamachievementdivisiondiperolehdatapretestmemilikinilairata-ratasebesar411.Setelahmendapatperlakuandiperolehdataposttestdengannilairata-rata741.Rata-ratagainscoresebesar3304.(3)AdaperbedaanhasilbelajarIPSsiswakelas5yangdiajarmenggunakanmodelTeamGamesTournamentdenganmodelStudentTeamAchievementDivisiondiSDNPercobaan1Malang.HalinidibuktikanberdasarkanhasilujiTuntuksampelindependenyaitunilaiAsymp.Sign2-taililedsebesar0037005.Saranyangdapatdisampaikanantaralain(1)SekolahapabilaguruakanmenggunakanmodelteamgamestournamentdalampembelajaranIPShendaknyadapatmenyesuaikandenganwaktuyangdisediakan.(2)GurukelasVdapatmenggunakannmodelSTADpadapelajaranIPSsebagaialternativemodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(3)Penelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitianyangsamanamunpadaskalapopulasiyanglebihluasdandenganmenggunakandesaineksperimenmurni.