Perbedaan hasil belajar IPS kelas V yang diajar menggunakan model Team Games Tournament dan model Student Team Achievement Division di SDN Percobaan 1 Malang / Rabihah Hayati
Main Author: | Hayati, Rabihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104819/ |
Daftar Isi:
- KatakunciHasilBelajarModelTeamGamesTournamentModelStudentTeamAchievementDivisionPenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanperbedaanhasilbelajarIPSmateriperjuanganmempertahankankemerdekaansiswakelasVSDNPercobaan1MalangantarapembelajaranmenggunakanmodelTGTdanmodelSTAD.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniyaitukuantitatifdenganbentukrancanganQuasiExperimental.BentukdesainQuasiExperimentalyangdigunakanyaituNonequivalentGroupDesign.PopulasidalampenelitianiniyaitukelasVSDNPercobaan1KotaMalang.SampeldalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasVAdanVBSDNPercobaan1Malang.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaituberupatestulis.Tesdigunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswatentangpenguasaanmateriperjuanganmempertahankankemerdekaan.Tesdiberikansebelumperlakuan(pretest)dansesudahperlakuan(posttest).Bentuksoalyangdigunakanyaitusoalobjektifdenganjumlah20soalyangtelahterujivaliditasdanreliabilitasnya.Tekhnikanalisadatayangdigunakanyaituujituntuksampelindependen.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaansignifikanhasilbelajarmateriperjuanganmempertahankankemerdekaansiswakelasVSDNPercobaan1MalangantarapembelajaranmenggunakanmodelTGTdenganmodelSTAD.PerbedaanyangadapadakeduakelompoktersebutdapatdiketahuimelaluipengujianhipotesisyangmenghasilkannilaiAsymp.Sign2-tiledpadanilaigainscorepadakeduakelas.NilaiAsymp.Sign2-tiled0037005sehinggaHaditerima.PembahasanmenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanmodelSTADlebihbaikdaripadapembelajaranmenggunakanmodelTGTsehinggaadaperbedaansignifikanhasilbelajarmateriperjuanganmempertahankankemerdekaansiswakelasVSDNPercobaan1MalangantarapembelajaranmenggunakanmodelTGTdenganmodelSTAD.KesimpulanyangdiperolehdaripenelitianyaituHasilbelajarsiswakelaseksperimenmodelteamgamestournamentdiperolehdatapretestmemilikinilairata-ratasebesar4463.Setelahmendapatperlakuandiperolehdataposttestdengannilairata-rata722.Rata-ratagainscoresebesar2756.(2)Hasilbelajarsiswakelaskontrolmodelstudentteamachievementdivisiondiperolehdatapretestmemilikinilairata-ratasebesar411.Setelahmendapatperlakuandiperolehdataposttestdengannilairata-rata741.Rata-ratagainscoresebesar3304.(3)AdaperbedaanhasilbelajarIPSsiswakelas5yangdiajarmenggunakanmodelTeamGamesTournamentdenganmodelStudentTeamAchievementDivisiondiSDNPercobaan1Malang.HalinidibuktikanberdasarkanhasilujiTuntuksampelindependenyaitunilaiAsymp.Sign2-taililedsebesar0037005.Saranyangdapatdisampaikanantaralain(1)SekolahapabilaguruakanmenggunakanmodelteamgamestournamentdalampembelajaranIPShendaknyadapatmenyesuaikandenganwaktuyangdisediakan.(2)GurukelasVdapatmenggunakannmodelSTADpadapelajaranIPSsebagaialternativemodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(3)Penelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitianyangsamanamunpadaskalapopulasiyanglebihluasdandenganmenggunakandesaineksperimenmurni.