Penggunaan media papan Flanel untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Mergosono 5 Malang / Ernawati
Main Author: | Ernawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104814/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediapapanflanelaktivitasbelajarhasilbelajarIPSSDPembelajaranIPSkelasIVdiSDNMergosono5Malangmasihbelumoptimal.HaliniberdasarkandarihasilobservasiyangdilakukanpenelitidikelasIVdiketahuibahwaterdapatpermasalahanpadarendahnyaaktivitasdanhasilbelajarsiswapenyebabnyakegiatanpembelajaranmasihberpusatpadagurudankurangmemanfaatkanmediapembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmediapapanflaneldalampembelajaranIPSkelasIVmateripokokperkembanganteknologitransportasidiSDNMergosono5Malang(2)mendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswaselamapembelajaranIPSdenganmenggunakanpapanflanelmateripokokperkembanganteknologitransportasidiSDNMergosono5Malang(3)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranIPSmateripokokperkembanganteknologitransportasidenganmenggunakanmediapapanflaneldiSDNMergosono5Malang.RancanganPenelitianyangdigunakanadalahPTKdalambentukkolaboratif.Penelitianinidilaksanakan2siklussetiapsiklusterdiri2kalipertemuan.Setiapsiklusmelaluitahapperencanaantindakanpelaksanaandanobservasirefleksidanrevisi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSemesterIItahunpelajaran2012/2013yangberjumlah30siswaterdiridari19siswalaki-lakidan11siswaperempuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaratesdandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmediapapanflaneldapatmeningkatkanaktivitassiswadalamberdiskusibekerjasamadalamkelompokdapatmelibatkansecarasecaraaktifdalammemasanggambardanmenjelaskandidepankelasmenggunakanmediapapanflanelpadapembelajaranIPSiniaktivitassiswasiklusIdansiklusIImeningkatdarimeningkatdarirata-rataaktivitassiswa6226denganprosentasesiswamendapatnilai65(5334%)menjadi7002denganprosentasesiswamendapatnilai65(7667%)sedangkanrata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusIdanIIjugamengalamipeningkatandari6808(5666%)menjadi7737(8666%)siswamencapaiketuntasanbelajarklasikal.KesimpulanpenelitianiniadalahpenggunaanmediapapanflanelpadamateripokokperkembanganteknologitransportasidapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVdiSDNMergosono5Malang.Saranyangdapatdiberikanolehpenelitiuntukgurusebaiknyadalampembelajaranmenggunakanmediapapanflanelagaraktivitasdanhasilbelajarsiswameningkatuntuksekolahsebagaimasukanmenggunakanmediapapanflaneluntukpembelajaran.Penelitilainsebagaireferensiuntukmelakukanpenelitianlanjutanyanglebihsignifikan.