Penggunaan media papan Flanel untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Mergosono 5 Malang / Ernawati

Main Author: Ernawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/104814/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediapapanflanelaktivitasbelajarhasilbelajarIPSSDPembelajaranIPSkelasIVdiSDNMergosono5Malangmasihbelumoptimal.HaliniberdasarkandarihasilobservasiyangdilakukanpenelitidikelasIVdiketahuibahwaterdapatpermasalahanpadarendahnyaaktivitasdanhasilbelajarsiswapenyebabnyakegiatanpembelajaranmasihberpusatpadagurudankurangmemanfaatkanmediapembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmediapapanflaneldalampembelajaranIPSkelasIVmateripokokperkembanganteknologitransportasidiSDNMergosono5Malang(2)mendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswaselamapembelajaranIPSdenganmenggunakanpapanflanelmateripokokperkembanganteknologitransportasidiSDNMergosono5Malang(3)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranIPSmateripokokperkembanganteknologitransportasidenganmenggunakanmediapapanflaneldiSDNMergosono5Malang.RancanganPenelitianyangdigunakanadalahPTKdalambentukkolaboratif.Penelitianinidilaksanakan2siklussetiapsiklusterdiri2kalipertemuan.Setiapsiklusmelaluitahapperencanaantindakanpelaksanaandanobservasirefleksidanrevisi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSemesterIItahunpelajaran2012/2013yangberjumlah30siswaterdiridari19siswalaki-lakidan11siswaperempuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaratesdandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmediapapanflaneldapatmeningkatkanaktivitassiswadalamberdiskusibekerjasamadalamkelompokdapatmelibatkansecarasecaraaktifdalammemasanggambardanmenjelaskandidepankelasmenggunakanmediapapanflanelpadapembelajaranIPSiniaktivitassiswasiklusIdansiklusIImeningkatdarimeningkatdarirata-rataaktivitassiswa6226denganprosentasesiswamendapatnilai65(5334%)menjadi7002denganprosentasesiswamendapatnilai65(7667%)sedangkanrata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusIdanIIjugamengalamipeningkatandari6808(5666%)menjadi7737(8666%)siswamencapaiketuntasanbelajarklasikal.KesimpulanpenelitianiniadalahpenggunaanmediapapanflanelpadamateripokokperkembanganteknologitransportasidapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVdiSDNMergosono5Malang.Saranyangdapatdiberikanolehpenelitiuntukgurusebaiknyadalampembelajaranmenggunakanmediapapanflanelagaraktivitasdanhasilbelajarsiswameningkatuntuksekolahsebagaimasukanmenggunakanmediapapanflaneluntukpembelajaran.Penelitilainsebagaireferensiuntukmelakukanpenelitianlanjutanyanglebihsignifikan.