Penggunaan media maket untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Mar'atus Sholihah
Main Author: | Sholihah, Mar'atus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104794/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediamaketketerampilanberbicarapembelajaranBahasaIndonesiaBerbicaramerupakankemampuanmengucapkanbunyi-bunyiartikulasiataukata-katauntukmengekspresikanmenyatakansertamenyampaikanpikirangagasandanperasaan.DalampembelajaranBahasaIndonesiaberbicaramerupakanaspekpentingyangharusdapatdikuasaisiswa.NamunpadakenyataannyapengembanganketerampilanberbicaradiSekolahDasarbelummaksimal.SalahsatunyaSDNKauman2KecamatanNgoroKabupatenJombang.BerdasarkanhasilobservasiawalsiswakelasIVmengalamikesulitanpadapelajaranBahasaIndonesiakhususnyaketerampilanberbicara.Siswatidakberanimengungkapkanpendapatdanberbicaradidepanumumkarenamaludantidakterbiasa.Untukmengatasimasalahinidiperlukanalatataumediayangdapatmenarikperhatiandankemauansiswasehinggasiswamauberbicaradidepanumum.Mediapembelajaranyangdimaksudadalahmediamaket.penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaanmediamaketpadapelajaranBahasaIndonesiadikelasIVdanmendeskripsikanpeningkatanketerampilanberbicarasiswadenganmenggunakanmediamaket.PendekatanpenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdenganrancanganPTK.Dalampenelitianinidilakukanmelaluiduasiklusyangterdiridari4tahapyaituperencanaantindakandanobservasirefleksidanperbaikanperencanaan.Analisisdeskriptifdilakukanterhadaphasilobservasiketerampilanberbicarasiswa.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunkaninstrumenpenelitianyangdapatdigunakanuntukmendapatkaninformasidandatayangdiperlukanmeliputiobservasiwawancaraangketdandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanmediamaketpadapembelajaranBahasaIndonesiadapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswa.Halinidapatdilihatdaripeningkatanketerampilanberbicarasiswadariyangtidakmauberbicaradidepankelasmenjadimaudanberaniberbicaradidepankelasmenggunakanmediamaketdariyangberbicaranyaterbata-batadansuaranyalirihmenjadilancardandengansuarayangnyaringsertadarisiswayangberbicaradengankakumenjadipercayadiridanberanimenatapkearahpendengar.PeningkatanketerampilanberbicarasiswajugadapatdilihatdaripersentaseketuntasanketerampilanberbicarasiswadaritahappratindakanhinggasiklusII.Padatahappratindakantidakadasiswayangmendapatnilaidiatas75dalamketerampilanberbicara.Sehinggapersentaseketuntasannya0%.PadasiklusIsiswayangsudahmencapainilaidiatas75ada35%atauterdapat7orangsiswadari20siswa.PadasiklusIIberdasarkanhasilanalisisdataada80%atauterdapat16orangsiswadari20siswayangsudahmencapainilaiketerampilanberbicaradiatas75.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediamaketdapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswapadapelajaranBahasaIndonesia.Selainitusiswamenjadilebihaktifpercayadiridanantusiasdalammengikutikegiatanpembelajarandikelas.SarandalampenelitianiniditujukankepadagurusekolahdasaryaitudiharapkanmenambahinovasidalampenggunaanmediapadapelajaranBahasaIndonesiauntukmeningkatkankualitaspembelajaranyanglebihbaik.Sedangkanuntukpenelitilaindiharapkanmampumelanjutkanpenelitianinitetapidenganinovasiyangberbedasertamampumenjawabkekurangandalampenelitianini.