Pengembangan powerpoint interaktif dengan model assure mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang kelas V sekolah dasar / Isvanda Putra Babar Aquasayoka
Main Author: | Aquasayoka, Isvanda Putra Babar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104787/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganpowerpointinteraktifmodelASSUREIPSkelasVMatapelajaranIPStelahdikenalsebagaimatapelajarandenganbanyakhafalanhaltersebutmengakibatkansiswamenjadimalasmempelajarimateri.OlehkarenaitudiperlukanusahayangmembuatpembelajaranmenarikbagisiswasalahsatunyayaitumenggunakanmediaPowerpointInteraktif.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukPowerpointInteraktifdenganmodelASSUREmatapelajaranIPSkelasVSekolahDasarmateriperjuanganmelawanpenjajahanBelandadanJepangyanglayakmenuruttimahlicalonpengguna(guru)danujicobakelompokskalaterbatas(siswakelasV).PenelitianinimenggunakanmodelASSUREyangterdiridarienamlangkahyaitu(1)AnalyzeLearner(2)StateStandardsandObjectives(3)SelectStrategiesTechnologyMediaandMaterials(4)UtilizeTechnologyMediaandMaterials(5)RequireLearnerParcipationdan(6)EvaluateandRevise.Jenisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahjenisdatakualitatifdandatakuantitatif.DatakualitatifdiperolehdarihasilvalidasiberupakritikdansaranperbaikandarivalidatorsedangkandatakuantitatifdiperolehdarihasilpengisiankuesionerberupaskorpenilaianprodukdenganRatingScale.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupakuesionerterbukadantertutup.Teknikanalisisdatayangdigunakanberupadeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.Berdasarkanhasilanalisisdatadariahlimediadiperolehskor176dariskormaksimal212ataumemilikipersentasesebesar8302%(validdandapatdigunakantanparevisi).DariahlipembelajaranIPSdiperolehskor88dariskormaksimal112ataumemilikipersentasesebesar7857%(validdandapatdigunakantanparevisi).Daricalonpengguna(guru)diperolehskor47dariskormaksimal48ataumemilikipersentasesebesar98%(validdandapatdigunakantanparevisi).Darihasilujicobakelompokskalaterbatas(16siswa)diperolehskor494dariskormaksimal640ataumemilikipersentasesebesar7719%(validdandapatdigunakantanparevisi).BerdasarkanhasilpengembangandanvalidasiahlimediaahlipembelajaranIPScalonpenggunadanhasilujicobakelompokskalaterbatasmakadapatdisimpulkanbahwamediaPowerpointInteraktiftermasukdalamkualifikasivaliddandapatdipergunakantanparevisi.SehinggadapatdisarankanuntukdimanfaatkanolehsemuapihakyangmembutuhkansebagaisalahsatumediapembelajaranIPSSDataupenggunadisarankanuntukmembuatmediainidalammatapelajarandanmateripembelajaranyangberbeda.