Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas IVA SDN Penanggungan Kota Malang / Niswah Afinatus Sakinah

Main Author: Sakinah, Niswah Afinatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/104779/
Daftar Isi:
  • KataKuncimakeamatchpembelajarankarangandeskripsiBerdasarkanobservasidiketahuibahwapembelajaranbahasaIndonesiakelasIVSDNPenanggunganKotaMalangmasihberpusatpadaguru.Berdasarkanpengamatanhaliniberdampakpada84%siswamemperolehhasilbelajarkurangdariKKMyangditentukanyaitu65.Untukitudiperlukanperbaikanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranyanginofatifdanmenyenangkanyaknimodelpembelajaranmakeamatch.Modelpembelajaranmakeamatchadalahmodelpembelajaranberupapermainanmencaripasangankartusoal/jawaban/topik/temasesuaidenganbataswaktuyangditentukan.Siswayangmendapatkanpasangandenganwaktuyangcepatakanmendapatkanpoinagarpembelajaranmenjadilebihmenarik.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchdanhasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodelpembelajaranmakeamatch.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)dandilaksanakandalamduasiklus.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidokumentasidancatatanlapangan.Instrumenpengumpulandatatentangpenerapanmodelmakeamatchdanaktivitassiswamenggunakanlembarobservasipenerapanmodelmakeamatchdanlembarobservasiaktivitassiswa.Untukmengumpulkandatatentanghasilkarangansiswamenggunakanpedomanpenilaiankarangan.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelmakeamatchdapatmeningkatkanpembelajaranbahasaIndonesiamaterimenuliskarangandeskripsisiswakelasIVASDNPenanggunganKotaMalang.HasilketerampilanmenulissiswadarisiklusIkesiklusIImeningkatkarenapembelajaranmakeamatchtelahdilaksanakansecarasistematisdanurutsesuaidenganlangkah-langkahpembelajaranmakeamatch.Haltersebutterbuktidarirata-ratahasilkarangandeskripsisiswapadapratindakan45siklusI70siklusIImeningkatmenjadi86.Ketuntasanbelajarbelajarpadapratindakan16%siklusI656%danpadasiklusIImeningkatmenjadi94%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelmakeamatchdapatmeningkatkanpembelajaranbahasaIndonesiakelasIVASDNPenanggunganKotaMalangpadamaterimenuliskarangandeskripsi.Saranyangbisadiberikanberdasarkanhasilpenelitianadalahketikapermainanberlangsungmembutuhkanruanggerakyangluasjadidisarankanagargurumemperhatikanpenataanruanganataujikajumlahsiswaterlapaubanyaksiswadapatdiajakmelakukanpermainantersebutdihalamansekolah(outdoor).