Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas IVA SDN Penanggungan Kota Malang / Niswah Afinatus Sakinah
Main Author: | Sakinah, Niswah Afinatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104779/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimakeamatchpembelajarankarangandeskripsiBerdasarkanobservasidiketahuibahwapembelajaranbahasaIndonesiakelasIVSDNPenanggunganKotaMalangmasihberpusatpadaguru.Berdasarkanpengamatanhaliniberdampakpada84%siswamemperolehhasilbelajarkurangdariKKMyangditentukanyaitu65.Untukitudiperlukanperbaikanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranyanginofatifdanmenyenangkanyaknimodelpembelajaranmakeamatch.Modelpembelajaranmakeamatchadalahmodelpembelajaranberupapermainanmencaripasangankartusoal/jawaban/topik/temasesuaidenganbataswaktuyangditentukan.Siswayangmendapatkanpasangandenganwaktuyangcepatakanmendapatkanpoinagarpembelajaranmenjadilebihmenarik.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranmakeamatchdanhasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodelpembelajaranmakeamatch.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)dandilaksanakandalamduasiklus.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidokumentasidancatatanlapangan.Instrumenpengumpulandatatentangpenerapanmodelmakeamatchdanaktivitassiswamenggunakanlembarobservasipenerapanmodelmakeamatchdanlembarobservasiaktivitassiswa.Untukmengumpulkandatatentanghasilkarangansiswamenggunakanpedomanpenilaiankarangan.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelmakeamatchdapatmeningkatkanpembelajaranbahasaIndonesiamaterimenuliskarangandeskripsisiswakelasIVASDNPenanggunganKotaMalang.HasilketerampilanmenulissiswadarisiklusIkesiklusIImeningkatkarenapembelajaranmakeamatchtelahdilaksanakansecarasistematisdanurutsesuaidenganlangkah-langkahpembelajaranmakeamatch.Haltersebutterbuktidarirata-ratahasilkarangandeskripsisiswapadapratindakan45siklusI70siklusIImeningkatmenjadi86.Ketuntasanbelajarbelajarpadapratindakan16%siklusI656%danpadasiklusIImeningkatmenjadi94%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelmakeamatchdapatmeningkatkanpembelajaranbahasaIndonesiakelasIVASDNPenanggunganKotaMalangpadamaterimenuliskarangandeskripsi.Saranyangbisadiberikanberdasarkanhasilpenelitianadalahketikapermainanberlangsungmembutuhkanruanggerakyangluasjadidisarankanagargurumemperhatikanpenataanruanganataujikajumlahsiswaterlapaubanyaksiswadapatdiajakmelakukanpermainantersebutdihalamansekolah(outdoor).