Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS soswa kelas IV SDN Pisangcandi 4 Kota Malang / Putri Ariesta Anggraeni
Main Author: | Anggraeni, Putri Ariesta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104759/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranCourseReviewHorayIPSSDBerdasarkanobservasipadapembelajaranIPSkelasIVSDNPisangcandi4KotaMalangdiperolehfaktabahwapembelajaranyangdilakukanolehgurucenderungmonotonkarenahanyamenggunakanmetodekonvensional(ceramah).Aktivitassiswapasifdanhanyamendengarkanpenjelasanguru.Gurujugatidakmenggunakanmediayangmenunjangdalampembelajaran.BanyaksiswayangmerasamengantukdanbosanpadapembelajaranIPSyangdilakukanguru.DarinilaiUASmasihbanyaksiswayangbelumtuntasataumendapatnilaidibawahKKM.Begitupuladengannilaiulangansebanyak19siswadari30siswamendapatnilaidibawahKKMsebesar70.UntukituagardapatmeningkatkanproseskeaktifandanhasilbelajarsiswaperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranCourseReviewHoray(CRH).ModelpembelajaranCRHmerupakanmodelyangdapatmeningkatkankemampuansiswadalamberkompetisisecarapositifdanmembantusiswamengingatkembalikonsepyangsudahdipelajari.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MendeskripsikanpeningkatanprosespelaksanaanpembelajaranIPSdenganmenerapkanmodelCRHkelasIVdiSDNPisangcandi4Kotamalang(2)MendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswakelasIVdalampembelajaranIPSdenganmenerapkanmodelCRHdiSDNPisangcandi4Kotamalang(3)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVdalampembelajaranIPSdenganmenerapkanmodelCRHdiSDNPisangcandi4Kotamalang.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkualitatif.MenggunakanmodelsiklusKemmisTaggartdengantahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.DalampenelitianinipenelitibertindaksebagaiguruataupengajardanwalikelasIVbertindaksebagaiobserver.HasilpenelitianmenunujukkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajaranCRHpadapembelajaranIPSkelasIVSDNPisangcandi4KotaMalangdenganKompetensiDasar2.2Mengenalpentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakattelahdilaksanakansesuaidenganlangkah-langkahmodelCRH.KeaktifansiswapadapembelajarandenganmodelCRHmeningkatpadasiklusIsebesar7123menjadi8806.Rata-ratahasilbelajarsiswajugameningkatpadasiklusIIsebesar7291menjadi8028.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoray(CRH)dalampembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.DengandemikianhendaknyagurudapatmenerapkanmodelinidalampembelajaranuntukmemperbaikihasilbelajarsiswakhususnyaIPSdanjugamatapelajaranyanglain.