Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS soswa kelas IV SDN Pisangcandi 4 Kota Malang / Putri Ariesta Anggraeni

Main Author: Anggraeni, Putri Ariesta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/104759/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranCourseReviewHorayIPSSDBerdasarkanobservasipadapembelajaranIPSkelasIVSDNPisangcandi4KotaMalangdiperolehfaktabahwapembelajaranyangdilakukanolehgurucenderungmonotonkarenahanyamenggunakanmetodekonvensional(ceramah).Aktivitassiswapasifdanhanyamendengarkanpenjelasanguru.Gurujugatidakmenggunakanmediayangmenunjangdalampembelajaran.BanyaksiswayangmerasamengantukdanbosanpadapembelajaranIPSyangdilakukanguru.DarinilaiUASmasihbanyaksiswayangbelumtuntasataumendapatnilaidibawahKKM.Begitupuladengannilaiulangansebanyak19siswadari30siswamendapatnilaidibawahKKMsebesar70.UntukituagardapatmeningkatkanproseskeaktifandanhasilbelajarsiswaperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranCourseReviewHoray(CRH).ModelpembelajaranCRHmerupakanmodelyangdapatmeningkatkankemampuansiswadalamberkompetisisecarapositifdanmembantusiswamengingatkembalikonsepyangsudahdipelajari.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MendeskripsikanpeningkatanprosespelaksanaanpembelajaranIPSdenganmenerapkanmodelCRHkelasIVdiSDNPisangcandi4Kotamalang(2)MendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswakelasIVdalampembelajaranIPSdenganmenerapkanmodelCRHdiSDNPisangcandi4Kotamalang(3)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVdalampembelajaranIPSdenganmenerapkanmodelCRHdiSDNPisangcandi4Kotamalang.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkualitatif.MenggunakanmodelsiklusKemmisTaggartdengantahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.DalampenelitianinipenelitibertindaksebagaiguruataupengajardanwalikelasIVbertindaksebagaiobserver.HasilpenelitianmenunujukkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajaranCRHpadapembelajaranIPSkelasIVSDNPisangcandi4KotaMalangdenganKompetensiDasar2.2Mengenalpentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakattelahdilaksanakansesuaidenganlangkah-langkahmodelCRH.KeaktifansiswapadapembelajarandenganmodelCRHmeningkatpadasiklusIsebesar7123menjadi8806.Rata-ratahasilbelajarsiswajugameningkatpadasiklusIIsebesar7291menjadi8028.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoray(CRH)dalampembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.DengandemikianhendaknyagurudapatmenerapkanmodelinidalampembelajaranuntukmemperbaikihasilbelajarsiswakhususnyaIPSdanjugamatapelajaranyanglain.