Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas VA SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Arifendi Ahwanto
Main Author: | Ahwanto, Arifendi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104755/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajaranIPAmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)PenelitianinidilaksanakanberdasarkanhasilobservasidikelasVASDNPakunden2KotaBlitaryangmenunjukkanbahwaaktivitasdanhasilpembelajaranmatapelajaranIPAmasihdibawahrata-ratakriteriaketuntasanminimalyangditetapkanolehsekolahyaitusebesar42%dari40siswaataudapatdikatakanada17siswaatausebesar(42%)yangmendapatnilaidiatasKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)sedangkan23siswaatausebesar(58%)lainnyabelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).Rumusanmasalahdaripenelitianiniyaitu(1)BagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)untukmeningkatkankualitaspembelajaranIPA(2)BagaimanakahaktivitasbelajarsiswadalammatapelajaranIPA(3)BagaimanakahhasilbelajarsiswadalammatapelajaranIPARancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklus.Setiapsiklusterdiridari1kalipertemuan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVAyangberjumlah40siswa.Teknikpengumpulandatameliputiobservasitesdokumentasidancatatanlapangan.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifdiperolehdaridataobservasisedangkandatakuantitatifdiperolehdarihasiltesformatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)padamatapelajaranIPAkelasVASDNPakunden2KotaBlitarmampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Padapenerapannyapembelajaranmenjadilebihbermaknakarenamelibatkansiswauntukmengalamisendiri.Sehinggapembelajaranmenjadilebihefektif.Aktivitassiswamengalamipeningkatansebesar16%yaitupadasiklusIsebesar66%danpadasiklusIIsebesar82%.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanyangbertahap.Haliniterlihatdariperolehannilairata-ratahasilbelajarsiswayangmengalamipeningkatansecarabertahappadapratindakanyaitu53padasiklusImenjadi7397danpadasiklusIImenjadi7765.BerdasarkanhasilpenelitianmakadiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)matapelajaranIPAkelasVASDNPakunden2KotaBlitarmampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.SaranbagigurupembelajaranIPAmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)inidapatdijadikansebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPAdikelasVASDNPakunden2KotaBlitar.Tapiperlujugadiperhatikanbahwapadapelaksanaannyamemerlukansuatupersiapanyangcukupagarpembelajaranberlangsungefektifdanbermakna.