Penerapan model Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Gadingkulon 01 Malang / Achmad Rifai

Main Author: Rifai, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/104744/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelGroupInvestigationaktivitashasilbelajarIPAModelGroupInvestigationmerupakanmodelpembelajaranyangmenekanpadapartisipasidanaktivitassiswauntukmenemukansendirikonsep/materidalambentukkelompok.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukansebelummelaksanakanpenelitiandiperolehinformasibahwaaktivitasdanhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPAdikelasVmasihtergolongrendah.Halinidisebabkansiswabelumterlatihmenemukansendirikonsep-konsepbaru.Akibatnyahasilbelajarsiswamenjadirendahhalinidapatdilihatdarihasilevaluasirata-ratanyahanya63sedangkankriteriaketuntasanminimalyangharusdicapaiyaitu65.UntukmengatasihalitumakapenelitimenerapkanmodelGroupInvestigationuntukmeningkatkanpembelajaranIPA.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)PenerapanmodelGroupInvestigationpadapembelajaranIPAdikelasV(2)PeningkatanaktivitassiswaselamapenerapanmodelGroupInvestigation(3)PeningkatanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodelGroupInvestigation.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanselamaduasiklussetiapsiklusterdiridariduakalipertemuan.PengumpulandatapenerapanmodelGroupInvestigationdanaktivitassiswadalampenelitianinimenggunakanteknikobservasidandokumentasisertatesuntukmemperolehdatahasilbelajarsiswa.Datapenelitianinidianalisissecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)PenerapanmodelGroupInvestigationtelahdilaksanakangurusesuaidengantahap-tahapmodelGroupInvestigation(2)PeningkatanaktivitassiswaselamaberlangsungnyapembelajaranIPAhalinidapatdilihatrata-rataperolehanpersentasekeberhasilanaktivitassiswapadasiklusIyaitu69%meningkatpadasiklusIIyaitu85%(3)PeningkatanhasilbelajarsiswasiklusIrata-ratapersentaseketuntasanbelajaryaitu87%meningkatrata-ratanyapadasiklusIImenjadi94%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelGroupInvestigationdapatmeningkatkanpembelajaranIPAyangditandaidenganpeningkatanaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.OlehsebabitudisarankanagargurumenerapkanmodelGroupInvestigationutamanyapadamateritentangsifat-sifatcahayadansebaiknyadilaksanakanpadasiswakelastinggikarenapenguasaankelasnyaakanlebihmudah.Selainitupembelajarandenganmodelinijugamembutuhkanwaktuyangcukupbanyakdanlamasehinggaperencanaanpembelajaranperluadanyapembagianwaktuyangefisien.