Penggunaan media kartu simbol untuk penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV di SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang / Fifia Nofita Sari
Main Author: | Sari, Fifia Nofita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104732/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediakartusimbolpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.HasilobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSDNTulungrejo02yangberdasarkanhasiltespenjajakansebelumnyaditemukanbahwakemampuanmenghitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpadasiswakelasIVkurang.Haliniditunjukkandarihasiltestersebutsiswabanyakmelakukankesalahanpadasoaltentangpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Selainitudarihasiltespratindakan(pretes)kemampuanmenghitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatdiperolehnilairata-ratasebesar5281.DarisiswakelasIVyangbanyaknya27anak23siswabelumtuntasbelajardanmemperolehnilaidibawahKKMdenganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar1481%.Hasilinimasihjauhdaripersentaseketuntasanklasikalyangtelahditetapkanyaitu880570%.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmediakartusimboluntukpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatsiswakelasIVSDNTulungrejo02Ngantang(2)mendeskripsikanpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatsiswakelasIVSDNTulungrejo02Ngantangsetelahdibelajarkandenganmediakartusimbol.PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelasdenganmenggunakan2siklus.SubyekpenelitianiniyaitusiswakelasIVSDNTulungrejo02Ngantangsebanyak27siswa.Datadikumpulkanmelaluiteswawancaraobservasiangketdandokumentasi.Datadianalisissecaradeskriptifkualitatifdankuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmediakartusimboldapatmeningkatkanpenguasaansiswapadamateripenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Darihasilevalusi/teskemampuansiswadiperolehinformasibahwanilairata-ratakelastelahmeningkatdaripreteskesiklus1dansiklus2.Hasilnilairata-ratakelaspadasaatpretesyaitu5281atau5281%meningkatmenjadi8057atau8057%padasiklus1danmeningkatlagimenjadi8296atau8296%padasiklus2.Denganpeningkatandaripreteskesiklus1sebesar2776%dandarisiklus1kesiklus2sebesar239%.Berdasarkanhasilpenelitianinipembelajarandenganmenggunakanmediakartusimboldapatdipertimbangkansebagaialternatifmediapembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.8195