Perbedaan hasil belajar IPS siswa kelass IV yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan tipe TGT (Team Games Tournament) di SDN percobaan 2 Kota Malang / Diah Rahmawati Wibowo
Main Author: | Wibowo, Diah Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104676/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPerbedaanModelPembelajaranTGTSTADHasilBelajarIPS.UpayapengkajianprosespembelajaranterutamapembelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)masihterusdilakukan.SelamainipembelajaranIPSdisekolahdasarlebihseringmenggunakanpembelajarankonvensional.Haliniterbuktidenganlebihdominannyapenggunaanmetodeceramahdibandingkanpenggunaanmetodeyangmengutamakankeaktifansiswa.ModelpembelajarankooperatiftipeSTADdanTGTmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangberkembangsaatini.DaribeberapapenelitianyangtelahdilakukandidapatkanhasilbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsetelahmenerapkanTGTdanSTADsehinggapenelititertarikmelihatsejauhmanaperbedaanhasilbelajardarikeduamodeltersebut.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabrumusanmasalah(1)ApakahterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADdengansiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatiftipeTGTpadamatapelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)kelasIVSDNPercobaan2KotaMalang(2)SeberapajauhtingkatperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatiftipeSTADdengansiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatiftipeTGTpadamatapelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)kelasIVSDNPercobaan2KotaMalangRancanganpenelitianiniadalahquasiexperimental.Desaineksperimenyangdigunakandalampenelitianiniadalahdesainpost-testgroup.SubjekpenelitianiniadalahkelasIVSDNPercobaan2Malangyangterbagimenjadi2kelasyaitukelasIVAdanIVB.Instrumenyangdigunakanadalahteshasilbelajaryangterdirikemampuanakhir(posttest).Untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswadapatdiketahuidarinilaiakhir(posttest)kelompokkelasTGTdanSTAD.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswakelasIVAsebagaikelompokkelasTGTdansiswakelasIVBsebagaikelompokkelasSTAD.Rata-ratanilaikemampuanakhir(posttest)siswakelompokTGT8848lebihtinggidaripadarata-ratanilaikemampuanakhir(posttest)siswakelompokSTAD7931.MakadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarIPSantarakelasyangmenggunakantipeTGTdanSTADsiswakelasIVmateriperkembanganteknologiproduksikomunikasidantransportasiSDNPercobaan2Malang.BerdasarkanpenelitianinidisarankandalamprosespembelajaranmenggunakantipeTGTharusmemperhatikanalokasiwaktudankarakteristiksiswaselainitujugabisamengembangkanmetodepembelajarankooperatifdenganmenggabungkantipeTGTdanSTAD.