Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model STAD pada siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Yunita G. Pianti Benamen

Main Author: Benamen, Yunita G. Pianti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/104668/
Daftar Isi:
  • KataKuncipeningkatanhasilbelajaripsmodelstadBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpenelitipadapelajaranIPSdikelasIVSDNTanggung2diperolehnilaisangatrendahdari23siswahanyaada7siswayangmendapatnilaididiatasKKMsedangkan16siswadinyatakanbelumtuntasbelajar.Halinidikarenakanpadasaatpembelajarangurumasihmenggunakanmetodeceramahsehinggamenjadibosantidakbersemangatmalasdalammengikutipembelajaran.Untukmengatasipermasalaantersebutdiperlukanadanyaperbaikandalampembelajaran.TujuanpenelitianadalahuntukmendeskripsikanpelaksanaanmodelSTADdikelasIVSDNTanggung2KecamatanKepanjenkidulKotaBlitardanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarIPSdikelasIV.Pendekatakanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekatankwalitatifdenganjenispenelitiantindakankelasyangsetiapsiklusnyaterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikpengumpulandatadigunakanadalahobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadatahappratindakanhanyaada7siswayangsudahmencapaiKKM.Haliniberarti30%siswayangtuntasbelajar.SetelahmelaksanakanmodelSTADdalampembelajaranpadasiklusIaktivitasbelajarmencapai52%danpadasiklusIImeningkat31%menjadi83%.Sedangkannilaiakhirsiswameningkat33%daripratindakan30%kesiklusIyaitu64%.Danmengalamipeningkatanlagi27%darisiklusIkesiklusIIyaitumencapai91%.Dari23siswayangtuntasdalambelajarsebanyak21siswasedangkan2siswabelumtuntasdalambelajardikarenakansiswamengalamikesulitanbelajar.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapelaksanaanmodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSpadasiswakelasIVdiSDNTanggung2KecamataKepanjenkidulKotaBlitar.DengandemikianhendaknyagurudapatmelaksanakanmodelSTADdalampembelajaranIPSuntukmemperbaikihasilbelajarsiswadalammenguasimateri.