Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model STAD pada siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Yunita G. Pianti Benamen
Main Author: | Benamen, Yunita G. Pianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104668/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipeningkatanhasilbelajaripsmodelstadBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpenelitipadapelajaranIPSdikelasIVSDNTanggung2diperolehnilaisangatrendahdari23siswahanyaada7siswayangmendapatnilaididiatasKKMsedangkan16siswadinyatakanbelumtuntasbelajar.Halinidikarenakanpadasaatpembelajarangurumasihmenggunakanmetodeceramahsehinggamenjadibosantidakbersemangatmalasdalammengikutipembelajaran.Untukmengatasipermasalaantersebutdiperlukanadanyaperbaikandalampembelajaran.TujuanpenelitianadalahuntukmendeskripsikanpelaksanaanmodelSTADdikelasIVSDNTanggung2KecamatanKepanjenkidulKotaBlitardanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarIPSdikelasIV.Pendekatakanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekatankwalitatifdenganjenispenelitiantindakankelasyangsetiapsiklusnyaterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikpengumpulandatadigunakanadalahobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadatahappratindakanhanyaada7siswayangsudahmencapaiKKM.Haliniberarti30%siswayangtuntasbelajar.SetelahmelaksanakanmodelSTADdalampembelajaranpadasiklusIaktivitasbelajarmencapai52%danpadasiklusIImeningkat31%menjadi83%.Sedangkannilaiakhirsiswameningkat33%daripratindakan30%kesiklusIyaitu64%.Danmengalamipeningkatanlagi27%darisiklusIkesiklusIIyaitumencapai91%.Dari23siswayangtuntasdalambelajarsebanyak21siswasedangkan2siswabelumtuntasdalambelajardikarenakansiswamengalamikesulitanbelajar.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapelaksanaanmodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSpadasiswakelasIVdiSDNTanggung2KecamataKepanjenkidulKotaBlitar.DengandemikianhendaknyagurudapatmelaksanakanmodelSTADdalampembelajaranIPSuntukmemperbaikihasilbelajarsiswadalammenguasimateri.