Penerapan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV MI Bahrul Ulum Kecamatan Pandaan / Li'ana

Main Author: Li'ana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104624/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelDiscoveryPembelajaranIPA.PembelajaranIPAharusmelibatkanunsur-unsurprosesdanaktivitassiswabaiksecaramentalmaupunfisiksehinggasiswaharusbenar-benartahuapayangdialamisecaralangsungdannyata.Namunkenyataandilapangansiswakurangdilibatkansehinggaanakkurangmenguasaikonsepyangdapatmenyebabkanprestasianakrendah.Tujuanpenelitianuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelDiscoverypadapembelajaranIPA(2)AktivitasbelajarsiswaselamapenerapanmodelDiscovery(3)HasilbelajarsiswatentangStrukturTumbuhansetelahditerapkanmodelpembelajaranDiscovery(4)PeningkatanhasilbelajarIPAmenerapkanmodelDiscovery.RancanganpenelitianyangdigunakanjenisPenelitianTindakanKelasdenganmodelsiklus.Penelitiandilaksanakanselama2sikluspadasetiapsiklusnyaterdiridari(1)Planning(2)ActingdanObserving(3)Reflecting(4)RevisePlan.Teknikpengumpulandatadenganobservasiwawancaradokumentasites.Teknikanalisisdenganpaparandatapengolahandanpenyimpulan.HasilpenelitianpembelajaranIPAdenganmenggunakanmodelDiscoveryyangawalnyasiswakurangterbiasasehinggabelumbisadilaksanakandenganbaiknamunsetelahdiberikantindakandisiklusIIbisadilaksanakandenganbaik.SedangkanhasilaktivitasbelajarsiswapadasiklusIpertemuan1jumlahskorsampai88%dan92%padapertemuanIIsedangkansiklusIIpertemuanIJumlahskor94%dan97%padapertemuanII.SedangkanhasilbelajarsetelahpenerapanmodelDiscoveryskornilaihasilbelajarsiswapadasiklus1mendapatrata-rataskortesyaitu5375sedangkanpadasiklus2terjadipeningkatanskorrata-ratahasilbelajarsiswayaitu7562.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelDiscoverydapatmeningkatkanpembelajaranIPAmateripokokstrukturbagiantumbuhandenganfungsinyadikelasIVMI.BahrulUlumKecamatanPandaan.SarandalammenerapkanmodelDiscoveryhendaknyaguruselalumenggunakanmodelpembelajaranmemberikanhadiahkecilpadasiswayangaktifdalampembelajaranmemberikesempatansiswauntuksenantiasamencariinfosendiriterlebihdahulusebelumgurumemberikanmateriagarsiswadapatmandiridanhendaknyaselaludibuatperaturan-peraturanbelajaragarsiswadapatbelajardisiplin.