Penerapan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV MI Bahrul Ulum Kecamatan Pandaan / Li'ana
Main Author: | Li'ana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104624/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelDiscoveryPembelajaranIPA.PembelajaranIPAharusmelibatkanunsur-unsurprosesdanaktivitassiswabaiksecaramentalmaupunfisiksehinggasiswaharusbenar-benartahuapayangdialamisecaralangsungdannyata.Namunkenyataandilapangansiswakurangdilibatkansehinggaanakkurangmenguasaikonsepyangdapatmenyebabkanprestasianakrendah.Tujuanpenelitianuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelDiscoverypadapembelajaranIPA(2)AktivitasbelajarsiswaselamapenerapanmodelDiscovery(3)HasilbelajarsiswatentangStrukturTumbuhansetelahditerapkanmodelpembelajaranDiscovery(4)PeningkatanhasilbelajarIPAmenerapkanmodelDiscovery.RancanganpenelitianyangdigunakanjenisPenelitianTindakanKelasdenganmodelsiklus.Penelitiandilaksanakanselama2sikluspadasetiapsiklusnyaterdiridari(1)Planning(2)ActingdanObserving(3)Reflecting(4)RevisePlan.Teknikpengumpulandatadenganobservasiwawancaradokumentasites.Teknikanalisisdenganpaparandatapengolahandanpenyimpulan.HasilpenelitianpembelajaranIPAdenganmenggunakanmodelDiscoveryyangawalnyasiswakurangterbiasasehinggabelumbisadilaksanakandenganbaiknamunsetelahdiberikantindakandisiklusIIbisadilaksanakandenganbaik.SedangkanhasilaktivitasbelajarsiswapadasiklusIpertemuan1jumlahskorsampai88%dan92%padapertemuanIIsedangkansiklusIIpertemuanIJumlahskor94%dan97%padapertemuanII.SedangkanhasilbelajarsetelahpenerapanmodelDiscoveryskornilaihasilbelajarsiswapadasiklus1mendapatrata-rataskortesyaitu5375sedangkanpadasiklus2terjadipeningkatanskorrata-ratahasilbelajarsiswayaitu7562.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelDiscoverydapatmeningkatkanpembelajaranIPAmateripokokstrukturbagiantumbuhandenganfungsinyadikelasIVMI.BahrulUlumKecamatanPandaan.SarandalammenerapkanmodelDiscoveryhendaknyaguruselalumenggunakanmodelpembelajaranmemberikanhadiahkecilpadasiswayangaktifdalampembelajaranmemberikesempatansiswauntuksenantiasamencariinfosendiriterlebihdahulusebelumgurumemberikanmateriagarsiswadapatmandiridanhendaknyaselaludibuatperaturan-peraturanbelajaragarsiswadapatbelajardisiplin.