Penerapan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Laili Lutfi Arini

Main Author: Arini, Laili Lutfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104590/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelMindMappingAktivitasBelajarHasilBelajarMindMappingmerupakansuatumodelpembelajarandengancaramencatatkreatifyangmemudahkansiswauntukmengingatbanyakinformasisertamembentukpolagagasanyangsalingberkaitan.BerdasarkanhasilobservasidilakukanpadakelasIVSDNLowokwaru5KotaMalangpadawaktupembelajaranIPAaktivitasdidominasiolehgurudanaktivitassiswamasihterbataspadamendengarmencatatdanmengerjakansoal.Akibatnyahasilbelajarsiswapadamateripesawatsederhanamasihrendah.Diperolehdatarata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai554denganketuntasankelashanyamencapai256%sedangkanKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)yangditentukanadalah67.AgardapatmeningkatkanpembelajaranIPAperludiadakanperbaikandenganmenerapkanmodelpembelajaranMindMapping.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan(1)penerapanmodelMindMappingpadapembelajaranIPA(2)aktivitassiswaselamapembelajarandenganmodelMindMapping(3)hasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodelMindMapping.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifinteraktif.Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.JenisPenelitianTindakanKelasinimenggunakanmodelkolaboratifpartisipatoris.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasitesdandokumentasi.InstrumenyangdigunakanuntukpengumpulandatayaitulembarobservasipelaksanaanpembelajaranmodelMindMappinglembarobservasiaktivitassiswadansoaltes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranMindMappinguntukmeningkatkanpembelajaranIPAsiswakelasIVSDNLowokwaru5dapatdilaksanakansesuaiharapanpeneliti.HaliniditunjukkandenganadanyakeberhasilangurudalampenerapanmodelMindMapping.AktivitassiswameningkatsiklusIdiperoleh705danpadasiklusIImenjadi77.Hasilbelajarjugameningkatdarirata-rata576padasiklusImenjadirata-rata70.KesimpulanpenelitianmenyatakanbahwapenerapanmodelMindMappingdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswadiSDNLowokwaru5.BerdasarkanhasilpenelitianmakadiberikansaranagarmodelMindMappingdapatdijadikansebagaisalahsatualternatifbagigurudalampembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarkhususnyapadamatapelajaranIPAdiSD.