Penerapan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Laili Lutfi Arini
Main Author: | Arini, Laili Lutfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104590/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelMindMappingAktivitasBelajarHasilBelajarMindMappingmerupakansuatumodelpembelajarandengancaramencatatkreatifyangmemudahkansiswauntukmengingatbanyakinformasisertamembentukpolagagasanyangsalingberkaitan.BerdasarkanhasilobservasidilakukanpadakelasIVSDNLowokwaru5KotaMalangpadawaktupembelajaranIPAaktivitasdidominasiolehgurudanaktivitassiswamasihterbataspadamendengarmencatatdanmengerjakansoal.Akibatnyahasilbelajarsiswapadamateripesawatsederhanamasihrendah.Diperolehdatarata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai554denganketuntasankelashanyamencapai256%sedangkanKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)yangditentukanadalah67.AgardapatmeningkatkanpembelajaranIPAperludiadakanperbaikandenganmenerapkanmodelpembelajaranMindMapping.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan(1)penerapanmodelMindMappingpadapembelajaranIPA(2)aktivitassiswaselamapembelajarandenganmodelMindMapping(3)hasilbelajarsiswasetelahditerapkanmodelMindMapping.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifinteraktif.Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.JenisPenelitianTindakanKelasinimenggunakanmodelkolaboratifpartisipatoris.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasitesdandokumentasi.InstrumenyangdigunakanuntukpengumpulandatayaitulembarobservasipelaksanaanpembelajaranmodelMindMappinglembarobservasiaktivitassiswadansoaltes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranMindMappinguntukmeningkatkanpembelajaranIPAsiswakelasIVSDNLowokwaru5dapatdilaksanakansesuaiharapanpeneliti.HaliniditunjukkandenganadanyakeberhasilangurudalampenerapanmodelMindMapping.AktivitassiswameningkatsiklusIdiperoleh705danpadasiklusIImenjadi77.Hasilbelajarjugameningkatdarirata-rata576padasiklusImenjadirata-rata70.KesimpulanpenelitianmenyatakanbahwapenerapanmodelMindMappingdapatmeningkatkanhasilbelajardanaktivitassiswadiSDNLowokwaru5.BerdasarkanhasilpenelitianmakadiberikansaranagarmodelMindMappingdapatdijadikansebagaisalahsatualternatifbagigurudalampembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarkhususnyapadamatapelajaranIPAdiSD.