Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan karakter kreatif di kelas IV SDN Plumpungrejo 01 Kabupaten Blitar / Ilma Nafi'a
Main Author: | Nafi'a, Ilma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104589/ |
Daftar Isi:
- KatakuncihasilbelajarkaraktermatematikaberbasismasalahPembelajaranmatematikadisekolahdasardilakukandenganmengembangkankemampuanberfikirlogisanalisissistematiskritiskreatifsertakemampuanbekerja-sama.NamunkenyataandilapanganmenunjukkanpembelajaranmatematikadiSDNPlumpungrejo01masihberpusatpadagurusehinggaketerampilandansikapsiswabelumdikembangkansecaramaksimal.Hasilbelajarsiswasangatrendah.Dari20siswahanya7siswayangtuntasbelajarsedangkan13siswabelummencapaiKKM.OlehkarenaitudilakukanpenelitiandenganjudulPeningkatanHasilBelajarMatematikamelaluiModelPembelajaranBerbasisMasalahuntukMenumbuhkanKarakterKreatifdiKelasIVSDNPlumpungrejo01KabupatenBlitar.Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaanpembelaja-ranmenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmatematikadanmendeskripsikanpeningkatankarakterkreatifpadasiswamenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahdikelasIVSDNPlumpungrejo01KabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Penelitiandilakukansebanyakduasiklusyangmasing-masingterdiriatastahapperencanaantindakanpelaksanaantindakanrefleksidanevaluasi.Datayangdiambildalampenelitianiniberupadatapelaksanaanpembelajaranmatematikamenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahperilakukreatifsiswadandatahasilbelajarsiswa.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakaninstrumenberupalembaroservasipedomanwawancaralembartesdankamera.Datayangdiperolehdianalisisdengantahapanreduksidatapenya-jiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianinimemberikaninformasibahwapelaksanaanpembelaja-ranmenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahmencapaipesentase93%hasilbelajarsiswameningkatdari30%menjadi85%.Penerapanpembelajaranberbasismasalahjugameningkatkankarakterkreatifsiswadari37%menjadi90%sehinggasiswatermasukkriteriasangatkreatif.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapelaksana-anpembelajaranmatematikamenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkanaktivitaspembelajaranhasilbelajarsiswadanmenumbuh-kankarakterkreatif.Disarankanpadaguruuntukmengembangkanpembelajaranyangdilaku-kan.Sedangkanbagisiswadiharapkandapatmeningkatkanketerampilanyangdimilikisehinggadapatmenerapkanmatematikadalamkehidupansehari-hari