Perbedaan kedisiplinan guru bersertifikat pendidik dengan yang belum bersertifikat pendidik di Sekolah Dasar sekecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk / Marsito
Main Author: | Marsito |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104498/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikedisiplinangurusertifikatpendidikNgluyuNganjukGurumerupakansalahsatukomponenpendidikanyangpentingkarenagurubertindaksebagaipelaksanapendidikanyangberhadapanlangsungdengansiswadanlingkunganbelajarsiswauntukmenciptakansuasanayangedukatif.Keberadaangurudijaminpemerintahdenganmenerapkansistemkepegawaiannegerisipil.Selainitustatusguruditingkatkanmenjaditenagaprofesionalyangsetaradenganprofesilain.Peranpentingguruagardapatterlaksanadenganbaikperluadanyakedisiplinanyangbaikpulaolehguru.Semakinbaikkedisiplinanguruakansemakinmudahguruuntukmencapaitujuanpendidikannasional.Penelitianinidilaksanakandengantujuanmendeskripsikankedisiplinankelompokgurubersertifikatpendidikdankedisiplinankelompokguruyangbelumbersertikatpendidiksertamembandingkankedisiplinanduakelompokgurutersebut.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkomparatif.Populasidalampenelitiansebanyak72oranggurusekolahdasarPNSdiKecamatanNgluyuKabupatenNganjukyangterdiridari29oranggurubersertifikatpendidikdan43orangguruyangbelumbersertifikatpendidik.Sampeldiambilsebanyakpopulasiyangadakarenapopulasikurangdari100.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifmenggunakandatainterval.Datadiambildarirespondendiperolehmelaluiangketyangdiisiolehresponden.Selainitupengumpulandatajugadilakukanwawancaradengankepalasekolahyangdigunakanuntukcrosscheckterhadapdatayangdiperolehmelaluiangket.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasil1)dari29respondengurubersertifikatpendidiksebanyak15respondenmemilikikedisiplinansangatbaikdan14respondenmemilikikedisiplinanbaik2)dari43respondenguruyangbelumbersertifikatpendidiksebanyak6respondenmemilikikedisiplinansangatbaik29respondenmemilikikedisiplinanbaikdan8respondenmemilikikedisiplinansedangdan3)ujitdengantarafsignifikansi5%diperolehnilait0sebesar6075lebihbesardarinilait-tabelsebesar1980makaperbedaankedisiplinantersebutsignifikan.Bertolakdarihasilanalisisdantemuanpenelitianditariktigasimpulan.Pertamakedisiplinankelompokgurubersertifikatpendidiksebesar5172%beradapadatingkatsangatbaikdan4828%beradapadatingkatbaik.Keduakedisiplinankelompokguruyangbelumbersertifikatpendidik1395%beradapadatingkatsangatbaik6744%beradapadatingkatbaikdan1860%beradapadatingkatsedang.Ketigakedisiplinankelompokgurukelompokbersertifikatpendidiklebihbaikdaripadakedisiplinankelompokguruyangbelumbersertifikatpendidikdanperbedaanituberbedasecarasignifikan.