Penerapan model interaktif untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kalisongo 3 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Afifah Surohmah
Main Author: | Surohmah, Afifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104463/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelInteraktifPembelajaranIPASDBerdasarkanhasilobservasidanwawancaraditemukanbahwapembelajaranIPAdikelasVSDNKalisongo03masihbelummembuatsiswamenemukankonsepsendiridalampembelajaran.Dari26siswahanya8siswayangterlihataktifdanseriusmemperhatikanguru.Siswakurangtermotivasiuntukmengemukakangagasanmaupunmengemukakanpertanyaan.Padaakhirpembelajarangurumembuatkesimpulansendiridarikegiatanyangtelahdilaksanakandenganmencatatdipapantulis.Datahasilbelajarsiswayangdiperolehpadaulanganharianmaterisebelumnyatentangmaterigayamenunjukkanbahwasiswabelummencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikal.Ketuntasanklasikalhanyamencapai3846%sedangkanyangbelumtuntasmencapai6154%.Salahsatumodelpembelajaranyangtepatuntukmengatasipermasalahanpembelajarandiatasyaitudenganmenggunakanmodelpembelajaraninteraktif.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikan(1)penerapanmodelpembelajaraninteraktifpadamatapelajaranIPA(2)aktivitassiswaselamapenerapanmodelinteraktifpadapembelajaranIPAdan(3)hasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelinteraktifpadapembelajaranIPA.PendekatanpenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdanjenispenelitianadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangmeliputi4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasitescatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanmodelinteraktifdapatmeningkatkanpembelajaranIPAsiswakelasVSDNKalisongo03kecamatanDauKabupatenMalangtahunajaran2011/2012.PersentasekeberhasilangurudalammenerapkanmodelinteraktifpadasiklusImencapai8062%dengankategoribaikdanpadasiklusIImencapai9282%dengankategorisangatbaik.AktivitassiswameningkatyaitupadasiklusIrata-ratamemperolehnilaiaktivitassebesar6563sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi75.Hasilbelajarjugameningkat.PadatindakanpadasiklusIrata-ratahasilbelajarsiswameningkatmenjadi7428dengankategoribaikdanmengalamipeningkatanlagipadasiklusIImenjadi8419dengankategorisangatbaik.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankandalamtahappersiapandirencanakandenganbaikyaitudenganmemberipenugasanawalkepadasiswadandalammembuatpertanyaansiswadikondisikanagarsemuaberanimengajukanpertanyaandanpertanyaantidakhanyadibacanamunditulisdipapantulis.Selainitupadatahappenyelidikansiswadalamkelompoksebaiknyabergantiandalammelakukanpercobaansehinggasemuasiswamemilikipengalamanlangsungdalampembelajaran.