Penerapan model interaktif untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Kalisongo 3 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Afifah Surohmah

Main Author: Surohmah, Afifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104463/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelInteraktifPembelajaranIPASDBerdasarkanhasilobservasidanwawancaraditemukanbahwapembelajaranIPAdikelasVSDNKalisongo03masihbelummembuatsiswamenemukankonsepsendiridalampembelajaran.Dari26siswahanya8siswayangterlihataktifdanseriusmemperhatikanguru.Siswakurangtermotivasiuntukmengemukakangagasanmaupunmengemukakanpertanyaan.Padaakhirpembelajarangurumembuatkesimpulansendiridarikegiatanyangtelahdilaksanakandenganmencatatdipapantulis.Datahasilbelajarsiswayangdiperolehpadaulanganharianmaterisebelumnyatentangmaterigayamenunjukkanbahwasiswabelummencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikal.Ketuntasanklasikalhanyamencapai3846%sedangkanyangbelumtuntasmencapai6154%.Salahsatumodelpembelajaranyangtepatuntukmengatasipermasalahanpembelajarandiatasyaitudenganmenggunakanmodelpembelajaraninteraktif.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikan(1)penerapanmodelpembelajaraninteraktifpadamatapelajaranIPA(2)aktivitassiswaselamapenerapanmodelinteraktifpadapembelajaranIPAdan(3)hasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelinteraktifpadapembelajaranIPA.PendekatanpenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdanjenispenelitianadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangmeliputi4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasitescatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanmodelinteraktifdapatmeningkatkanpembelajaranIPAsiswakelasVSDNKalisongo03kecamatanDauKabupatenMalangtahunajaran2011/2012.PersentasekeberhasilangurudalammenerapkanmodelinteraktifpadasiklusImencapai8062%dengankategoribaikdanpadasiklusIImencapai9282%dengankategorisangatbaik.AktivitassiswameningkatyaitupadasiklusIrata-ratamemperolehnilaiaktivitassebesar6563sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi75.Hasilbelajarjugameningkat.PadatindakanpadasiklusIrata-ratahasilbelajarsiswameningkatmenjadi7428dengankategoribaikdanmengalamipeningkatanlagipadasiklusIImenjadi8419dengankategorisangatbaik.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankandalamtahappersiapandirencanakandenganbaikyaitudenganmemberipenugasanawalkepadasiswadandalammembuatpertanyaansiswadikondisikanagarsemuaberanimengajukanpertanyaandanpertanyaantidakhanyadibacanamunditulisdipapantulis.Selainitupadatahappenyelidikansiswadalamkelompoksebaiknyabergantiandalammelakukanpercobaansehinggasemuasiswamemilikipengalamanlangsungdalampembelajaran.