Penerapan model keterampilan proses dasar untuk menin gkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Tara Arthalia Sofiana
Main Author: | Sofiana, Tara Arthalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104446/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranketerampilanprosesdasarkualitaspembelajaranIPAPembelajaranharusdapatmengembangkanketerampilanmemperolehdanmemprosesprodukIPA.BerdasarakanpengamatandiSDNSekarpuroKecamatanPakisKabupatenMalangpadapembelajaranIPAbelumdapatmengembangkanketerampilansiswadalammemperolehdanmemprosesfaktakonsepdanteoriyangadapadadirisiswa.Rata-ratahasilbelajarsiswa6479sedangkandataketuntasanbelajarklasikalulanganharianpertama17siswatuntasbelajardan8siswabelumtuntas.Hasilbelajarinibelumbisadikatakanmaksimaldanperlupeningkatanlagi.Permasalahanyangditemukanmeliputipelaksanaanpembelajaranyangdilakukanolehguruaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajaradalahmodelketerampilanprosesdasarmeliputiketerampilanmengamatimengklasifikasimengukurmemprediksimenyimpulkandanmengkomunikasikan.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranketerampilanprosesdasarpadapembelajaranIPAkelasIV(2)meningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasIVselamapembelajaranIPAmodelketerampilanprosesdasar(3)meningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVdalampembelajaranIPAmodelketerampilanprosesdasar.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIVASDNSekarpuroKecamatanPakisKabupatenMalangtahunajaran2011/2012denganjumlah25siswa.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)meliputi4komponenyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)pengamatan(4)refleksi.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasidokumentasidantes.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)rata-ratanilaiaktivitasgurudalammenerapkanmodelsiklusImencapai82meningkatpadasiklusIImenjadi885(2)rata-rataaktivitasbelajarsiswasiklusImencapai733meningkatpadasiklusIImejadi804(3)rata-ratahasilbelajarsiswasiklusImencapai6563meningkatpadasiklusIImenjadi7145.Kesimpulanpenelitianinibahwa(1)guruberhasilmenerapkanmodel(2)aktivitasbelajarsiswameningkatdan(3)hasilbelajarsiswameningkatdibandingkansebelumdilakukantindakan.SebelummelaksanakanpembelajarandenganmodelketerampilanprosesdasarguruhendaknyamenyusunRPPsesuailangkah-langkahmodelmembagikelompokheterogensertamempersiapkanalatdanbahangunakegiatanpercobaan.Supayatidakterjadikekacauandalampembelajarandansetiapsiswadapatmengembangkanseluruhketerampilanyangadapadadirinya.8.YudhaCaturHariWS.PdselakugurukelasIVASDNSekarpuroKecamatanPakisKabupatenMalangyangtelahmemberikanbantuankepadapenulisselamaprosespenelitian9.SiswakelasIVASDNSekarpuroKecamatanPakisKabupatenMalangyangtelahmembantuselamaprosespenelitian10.Keluargakutercintayangselamainiselalumendoakanmendukungdanmemberikansemangatbaikmoralmaupunmaterisehinggapenulisdapatmenyelesaikanskripsiini11.Teman-temanS1PGSDOffA-2010yangmenjaditemanseperjuangankudanmenjadipenyemangatkudalammenyelesaikanskripsiini12.Pihak-pihakyangtidakbisadisebutkansatupersatuyangtelahmemberikanbantuanbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsunggunaterselesaikannyapenyusunanskripsiiniSemogaAllahSWTsenantiasamemberikanberkahdankarunia-Nyakepadasemuapihakyangtelahmemberikanbantuantersebutdiatas.Skripsiinitentusajamasihjauhdarisempurnasehinggakritikmaupunsaranyangmembangundemikesempurnaanskripsiiniakanditerimapenulisdengansenanghati.Akhirnyasemogaskripsiinidapatbermanfaatbagiparapembacabaiksaatinimaupunsaatyangakandatang.