Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Teri Wahyu Siwi
Main Author: | Siwi, Teri Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/104429/ |
Daftar Isi:
- KatakunciProblematikaGuruPembelajaranIPASD.Gurusebagaisalahsatufaktoryangdominandalamprosesbelajarmengajartidaklepasdaribeberapaproblemaproblematersebutbisamunculpadasaatmerencanakanpelaksanaandanevaluasipembelajaran.Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahui(1)ProblematikagurudalammerencanakanpembelajaranIPA(2)ProblematikagurudalammelaksanakanpembelajaranIPA(3)MendeskripsikancaragurumengatasiproblematikayangdihadapidalampembelajaranIPA.PenelitianinimenggunakanrancangankuantitatifdenganjenispenelitianSurvei.Intrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahkuesionerpanduanwawancarapanduanobservasi.Prosedurpengumpulandatanyamenggunakanmetodeobservasiangketdanwawancara.Datayangtelahterkumpuldianalisissecaradeskriptifkuantitatif.Berdasarkanhasilpenelitiandilapangantelahditemukanbahwasebanyak7143%gurusudahmembuatRPPsebelummengajarakantetapiRPPyangdibuatgurumasihbelumsesuaidenganstandarprosesyangditetapkanolehBSNP.Ketidaksesuaiantersebutkarenaseluruhresponden(100%)menyatakanmengalamikesulitandalammerumuskantujuanpembelajarankesulitandalammemilihmetodemodelpembelajarandanmengembangkanmediapembelajaranlebihdariseparo(5714%)gurumengalamikesulitandalammengelolakelasdankesulitandalammembuatkriteriapenilaianhasilbelajarsiswapadaakhirpembelajaranhampirseparo(4285%)gurumengalamikesulitandalammembuatsoalevaluasi.UntukmengatasiproblematersebutguruakanmengadakanseminardanpelatihancaramembuatRPPsesuaidenganstandarprosesdanpelatihancaramenerapkanmodelpembelajaranyangsesuaidenganmateripembelajaranmelaluiforumKKGyangadadiSekolahDasargugusIIKecamatanKedungkandangKotaMalang.Berdasarkantemuandiatasdapatdisimpulkanbahwadalamprosespembelajarangurutelahmengalamiberbagaiproblemayangbervariasi.Seluruhresponden(100%)mengalamikesulitandalammerumuskantujuanmemilihmetodemodeldanmengembangkanmediapembelajaranlebihdariseparo(5714%)respondenmengalamikesulitanmengelolakelasdanmembuatkriteriapenilaianhampirseparo(4285%)respondenmengalamikesulitanmembuatsoalevaluasi.DarikesimpulantersebutdapatdisarankanhendaknyagurumembacastandarprosessampaiselesaisebelummembuatRPPdansebaiknyaterusmeningkatkankemampuandengancaramengadakanseminardanpelatihan.