Problematika guru dalam pembelajaran IPA kelas IV di sekolah dasar gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Teri Wahyu Siwi

Main Author: Siwi, Teri Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/104429/
Daftar Isi:
  • KatakunciProblematikaGuruPembelajaranIPASD.Gurusebagaisalahsatufaktoryangdominandalamprosesbelajarmengajartidaklepasdaribeberapaproblemaproblematersebutbisamunculpadasaatmerencanakanpelaksanaandanevaluasipembelajaran.Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahui(1)ProblematikagurudalammerencanakanpembelajaranIPA(2)ProblematikagurudalammelaksanakanpembelajaranIPA(3)MendeskripsikancaragurumengatasiproblematikayangdihadapidalampembelajaranIPA.PenelitianinimenggunakanrancangankuantitatifdenganjenispenelitianSurvei.Intrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahkuesionerpanduanwawancarapanduanobservasi.Prosedurpengumpulandatanyamenggunakanmetodeobservasiangketdanwawancara.Datayangtelahterkumpuldianalisissecaradeskriptifkuantitatif.Berdasarkanhasilpenelitiandilapangantelahditemukanbahwasebanyak7143%gurusudahmembuatRPPsebelummengajarakantetapiRPPyangdibuatgurumasihbelumsesuaidenganstandarprosesyangditetapkanolehBSNP.Ketidaksesuaiantersebutkarenaseluruhresponden(100%)menyatakanmengalamikesulitandalammerumuskantujuanpembelajarankesulitandalammemilihmetodemodelpembelajarandanmengembangkanmediapembelajaranlebihdariseparo(5714%)gurumengalamikesulitandalammengelolakelasdankesulitandalammembuatkriteriapenilaianhasilbelajarsiswapadaakhirpembelajaranhampirseparo(4285%)gurumengalamikesulitandalammembuatsoalevaluasi.UntukmengatasiproblematersebutguruakanmengadakanseminardanpelatihancaramembuatRPPsesuaidenganstandarprosesdanpelatihancaramenerapkanmodelpembelajaranyangsesuaidenganmateripembelajaranmelaluiforumKKGyangadadiSekolahDasargugusIIKecamatanKedungkandangKotaMalang.Berdasarkantemuandiatasdapatdisimpulkanbahwadalamprosespembelajarangurutelahmengalamiberbagaiproblemayangbervariasi.Seluruhresponden(100%)mengalamikesulitandalammerumuskantujuanmemilihmetodemodeldanmengembangkanmediapembelajaranlebihdariseparo(5714%)respondenmengalamikesulitanmengelolakelasdanmembuatkriteriapenilaianhampirseparo(4285%)respondenmengalamikesulitanmembuatsoalevaluasi.DarikesimpulantersebutdapatdisarankanhendaknyagurumembacastandarprosessampaiselesaisebelummembuatRPPdansebaiknyaterusmeningkatkankemampuandengancaramengadakanseminardanpelatihan.